Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 13 Des 2021 05:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Di Kerajaan Termungil Dunia Ini, Kamu Bisa Beli Gelar Kebangsawanan

bonauli
detikTravel
Kerajaan Sealand
Kerajaan Sealand (BEN STANSALL / AFP)
Sealand -

Inilah negara mikro, sebuah kerajaan yang termungil di dunia. Meski mungil, ada daya tarik tersendiri di sana.

Dilansir dari AFP, negara ini bernama Kerajaan Sealand. Negara ini terletak 9,6 km dari lepas pantai Suffolk, Inggris.

Kerajaan Sealand sangatlah kecil. Bayangkan, luasnya hanya 550 meter persegi saja. Tak ada tanah, yang dimiliki negara ini hanya bangunan benteng.

Menurut sejarahnya, Kerajaan Sealand adalah benteng pertahahan Inggris yang bernama Fort Roughts.

Fort Roughs dibangun sebagai pertahanan Inggris dari serangan Jerman dalam Perang Dunia II. Setelah perang usai, benteng ini mulai ditinggalkan.

Kerajaan SealandKerajaan Sealand Foto: (BEN STANSALL / AFP)

Namun seorang tentara Inggris bernama Roy Bates punya rencana lain. Dia tinggal di sana dan mendeklarasikan Fort Roughts sebagai negara merdeka [ada 2 September 1967.

Sayangnya, untuk diakui sebagai sebuah negara tidaklah mudah. Sampai saat ini PBB belum mengakui Kerajaan Sealand sebagai sebuah negara.

Setelah Roy Bates, Kerajaan Sealand dipimpin oleh Pangeran Liam Bates. Impian pendahulunya untuk membuat Sealand sebagai sebuah negara bukanlah mimpi siang bolong. Kerajaan ini menyiapkan bendera, lagu kebangsaan, mata uang, perangko, paspor dan pemerintahan sendiri.

Kerajaan SealandPengran Liam Bates dari Kerajaan Sealand turun menggunakan kerekan Foto: (BEN STANSALL / AFP)

Kalau negara lain bisa bangga dengan sumber pendapatannya, Kerajaan Sealand juga. Kerajaan mungil ini mendapatkan uang dari penjualan aneka suvenir. Turis yang datang ke sini bisa membeli perangko, kaos dan mug.

Yang unik adalah gelar bangsawan. Yang namanya kerajaan pasti punya bangsawan. Tapi di sini beda. Gelar bangsawan bisa diperoleh dengan mudah, yaitu dibeli.

Kerajaan Sealand menjual gelar bangsawan lewat situs resminya. Ada berbagai sebutan elit bangsawan ala Inggris yang ditawarkan. Kamu bisa menemukan nama Lady, Lord, Baron sampai Baroness.

Kini diketahui hanya ada 20 penduduk yang dimiliki oleh Kerajaan Seland. Letaknya yang berada di tengah laut membuat kerajaan ini hanya punya dua pilihan untuk dikunjungi. Wisatawan bisa menggunakan perahu atau helikopter.



Simak Video "Inggris Menyatakan Sejumlah Wilayahnya Kekeringan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA