Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Des 2021 22:06 WIB

TRAVEL NEWS

Rolls-Royce Klaim Kembangkan Pesawat Listrik Tercepat di Dunia

Pesawat listrik Spirit of Innovation
Pesawat listrik Spirit of Innovation (Foto: Jane Stockdale/Rolls-Royce/CNN)
Wiltshire -

Produsen mesin kedirgantaraan Inggris, Rolls-Royce, mengatakan telah mengembangkan pesawat listrik tercepat di dunia. Kecepatan maksimumnya mencapai 623 km/jam.

Diberitakan CNN, Kamis (9/12/2021) pesawat ini dijuluki 'Spirit of Innovation'. Rolls-Royce lalu meyakininya sebagai kendaraan listrik tercepat di dunia.

Rolls-Royce mengatakan bahwa Spirit of Innovation mencetak tiga rekor dunia, termasuk mencapai 345,4 mph di lebih dari 1,86 mil pada 16 November.

Perusahaan juga mengatakan bahwa pesawatnya dapat mencapai ketinggian 3.000 meter dalam waktu satu menit.

Pesawat terbang secepat 300 mph di jarak lebih dari 9,32 mil di Wiltshire di situs pengujian pesawat militer Kementerian Pertahanan Inggris. Ini 182 mph lebih cepat dari rekor sebelumnya.

Pesawat listrik Spirit of InnovationPesawat listrik Spirit of Innovation (Foto: Jane Stockdale/Rolls-Royce/CNN)

Angka-angka ini telah dipresentasikan kepada badan verifikasi global Fédération Aéronautique Internationale (FIA).

Dirakit sebagai bagian dari proyek Accelerating the Electrification of Flight (ACCEL), dan didanai oleh Aerospace Technology Institute (ATI), Department for Business, Energy & Industrial Strategy, dan Innovate UK, pesawat ini menggunakan powertrain listrik 400kW.

"Spirit of Innovation juga menggunakan paket baterai propulsi paling padat daya yang pernah dibuat di ruang angkasa," menurut Rolls-Royce.

Pilot uji dan direktur operasi penerbangan Rolls-Royce, Phil O'Dell, yang mencapai kecepatan tertinggi, mengatakan bahwa ini adalah puncak karirnya dan merupakan pencapaian luar biasa bagi seluruh tim.

"Mempertaruhkan klaim untuk rekor kecepatan dunia karena semua ditenagai listrik adalah pencapaian fantastis bagi tim ACCEL dan Rolls-Royce," kata CEO Warren East.

"Mengikuti fokus dunia pada tindakan di COP26, ini adalah tonggak sejarah lain yang akan membantu mewujudkan zero karbon di pesawat menjadi kenyataan dan mendukung ambisi kami untuk memberikan terobosan teknologi yang dibutuhkan masyarakat pada transportasi udara, darat dan laut," imbuh East.

Sekretaris bisnis Inggris, Kwasi Kwarteng, mengatakan pesawat itu akan menunjukkan potensi penerbangan listrik. Penemuan ini juga membantu membuka kunci teknologi yang dapat menjadikannya bagian dari kehidupan sehari-hari.

"Pemerintah bangga mendukung proyek seperti ini untuk meningkatkan investasi swasta yang diperlukan untuk membuka pesawat yang lebih bersih dan lebih hijau. Karena, memungkinkan orang terbang seperti sekarang tetapi bisa mengurangi emisi," terang Kwarteng.



Simak Video "Pajaknya Mepet Rp 100 Juta per Tahun, Ini Wujud Rolls Royce Phantom "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA