Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Jan 2022 06:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Nikosia, Ibu Kota 'Terbelah' Terakhir Dunia

bonauli
detikTravel
Nikosia, Siprus
Kota Nikosia (Getty Images/iStockphoto/peeterv)
Nikosia -

Kamu pernah dengar Kota Nikosia? Kota ini jadi unik karena 'terbelah'.

Republik Siprus merupakan sebuah negara pulau di Laut Tengah. Ibukota Siprus adalah Nikosia. Dilihat dari situs PBB, Nikosia adalah ibukota yang unik.

Nikosia adalah ibu kota 'terbelah' terakhir di dunia. Ya, secara fisik, kota ini sengaja dibagi menjadi dua bagian.

Jika dilihat dari udara, bentuk kota tua dari Nikosia sangat unik. Kota tua dikelilingi tembok dengan bentuk mirip cincin yang beruntaikan sebelas hiasan.

Tembok ini dulunya adalah bastion pertahanan kota tua. Penguasa Venezia di awal abad ke-16 yang membangun sistem pertahanan ini.

Bagian utara Nikosia dikuasai oleh Turki. Bagian kota ini sarat dengan mayoritas beragama islam. Makanan, tradisi dan mata uangnya pun mengikuti Turki.

NikosiaNikosia Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Sementara di bagian selatan Nikosia dikuasai oleh Yunani. Di bagian ini, pemandangan gereja menjadi suguhan kota. Mayoritas penduduknya beragama kristen-ortodoks.

Di bagian tengah kota ini, ada zona buffer PBB sepanjang 180 km. Terbentang dari barat ke timur, zona netral ini memiliki lebar 3,3 meter di tengah kota Nikosia sampai 7,4 km di daerah pedesaan Anthienou.

Kota Nikosia di bagian selatan adalah pusat pemerintahan dari Republik Siprus yang diakui sebagai anggota Uni Eropa. Sedangkan bagian utara, Turkish Republic of Northen Cyprus hanya diakui oleh negara Turki. Pengakuan itu dilakukan sejak pendudukan pada tahun 1974.

NikosiaZona buffer Nikosia Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Jika ingin berkunjung melewati perbatasan, dari selatan ke utara harus menunjukkan paspor pada polisi penjaga. Sementara untuk masuk ke daerah selatan dari utara, siapa pun harus mengisi sebuah formulir.

Formulir tersebut berisikan nama, nomor paspor dan kewarganegaraan. Formulir tersebut kemudian distempel oleh polisi perbatasan Republik Turki Siprus Utara.

Meski berbeda pemerintahan, tak membuat pariwisata Nikosia mati. Keunikannya justru membuat banyak wisatawan dunia tertarik untuk berkunjung ke Nikosia.



Simak Video "Misi Penerbangan Kebab Turki ke Luar Angkasa Gagal"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA