Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Feb 2022 21:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

20 Kota Hantu yang Menarik untuk Dikunjungi

Kota terbengkalai
Wharram Percy, Inggris Raya (Adobe Stock/CNN)
Oradour-sur-Glane -

Ada tempat-tempat yang dahulu berkembang begitu pesat tapi sekarang sudah ditinggalkan. Seperti kota hantu, hanya ada jalanan dan bangunan kosong.

Entah tempat-tempat ini hancur karena perang atau dievakuasi untuk latihan amunisi, yang jelas kondisinya tak berpenghuni. Berikut 20 kota terbengkalai yang menarik di dunia (bagian pertama).

1. Oradour-Sur-Glane, Prancis

Desa Oradour-sur-Glane merupakan tempat pembantaian yang mengerikan selama Perang Dunia II. Kini yang tersisa di desa nelayan ini hanyalah reruntuhan yang menyisakan memori perang.

Oradour-Sur-Glane sudah ditinggalkan sejak bulan Juni 1944 saat sebagian dari penduduknya dibantai oleh cabang militer organisasi SS Partai Nazi, Waffen SS. Para pria ditembak dan dibunuh di lumbung, sementara wanita dan anak-anak juga kehilangan nyawa di sebuah gereja yang dikunci dan diledakkan. Korban yang berhasil melarikan diri pun akhirnya ditembak mati.

Sebab kejadian mengerikan ini, Pemimpin di masa perang, Charles De Gaulte memutuskan bahwa desa ini harus ditinggalkan, sebagai bukti kekejaman Nazi. Setelah itu, sebuah desa dengan museum peringatan dibuka sejak tahun 1999.

Kota TerbengkalaiKota Terbengkalai Foto: (Adobe Stock/CNN)


2. Wharram Percy, Inggris Raya

Wharram Percy bisa dibilang desa abad pertengahan sepi yang paling terkenal di Inggris. Dahulu, desa ini merupakan rumah bagi dua bangsawan.

Populasi desa menyusut selama bertahun-tahun. Penduduk setempat berpindah karena pergeseran ke peternakan domba.

Kini, sudah sekitar 500 tahun desa ini tak berpenghuni. Tapi, situs yang sekarang dikelola oleh English Heritage menarik arkeolog dan turis untuk berkunjung.

Kota terbengkalaiKota Wharram Percy Foto: (Adobe Stock/CNN)


3. Belchite, Spanyol

Selama perang saudara Spanyol, Belchite menjadi tempat pengepungan selama berminggu-minggu dari Agustus-September 1937. Akhirnya, kota ini jatuh ke tangan pasukan Jenderal Francisco Franco pada tahun 1939.

Sekarang, ada desa baru yang dibangun di dekatnya. Desa ini bisa jadi destinasi yang bisa turis kunjungi di Zarazoga.

Kota terbengkalaiKota terbengkalai Belchite Foto: (Adobe Stock/CNN)

4. Craco, Italia

Sejak abad ke 20, Craco sudah menjadi kota hantu. Berlokasi di ujung selatan Italia, Craco yang memiliki arsitektur spektakuler menjadi salah satu kota terbengkalai yang paling menarik secara visual.

Indah namun ditinggalkan, penduduk pergi setelah serangkaian tanah longsor yang disebabkan saluran pembuangan dan pekerjaan air pada tahun 1960. Lalu, tempat ini benar-benar ditinggal setelah gempa bumi Irpinia pada 1980.

Biarpun sudah tak berpenghuni, kota hantu ini menarik ribuan wisatawan untuk berkunjung. Bahkan, Craco juga menjadi lokasi syuting populer seperti James Bond pada tahun 2008.

Kota terbengkalaiKota terbengkalai Craco Foto: (Adobe Stock/CNN)

5. Grand Bassam, Ivory Coast

Meski masih punya populasi yang masih berkembang, banyak bangunan Grand Bassam yang telah kosong selama bertahun-tahun.

Dahulu, Grand Bassam, merupakan ibu kota kolonial Prancis di Ivory Coast. Sekarang, kota resor ini terpilih menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Di dalamnya terdapat bangunan terkenal termasuk Kantor Pos Lama, Bank Afrika Tengah dan Hotel de France.

Kota hantu berikutnya, Kolmanskop, Namibia

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA