Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Feb 2022 15:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini 5 Fakta Rusia, Negara Paling Luas Sedunia

bonauli
detikTravel
A boy plays on a pile of snow in Red Square decorated for Christmas and New Year celebrations, without the Christmas Market due to the virus-related restrictions, with the Kremlin Wall, the Historical Museum and GUM in the background in Moscow, Russia, Saturday, Dec. 26, 2020. The temperature in Moscow is about 0 degree Celsius (32 degree Fahrenheit). (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Ilustrasi Rusia (AP/Alexander Zemlianichenko)
Moscow -

Rusia tengah jadi perbincangan dunia karena menginvasi Ukraina. Negara ini sering bikin bingung karena ada di dua benua.

Rusia adalah negara yang berbatasan langsung dengan 15 negara. Tak hanya itu, Rusia memiliki beberapa fakta menarik untuk diulik.

1. Negara terluas dunia

Sebuah negara memiliki dua jenis luas yang berbeda yakni luas daratan dan luas total. Luas daratan merupakan luas bagian daratan yang menjadi wilayah suatu negara.

Sedangkan luas total adalah luas yang mencakup daratan dan perairan dalam suatu negara, termasuk danau, sungai, pesisir dan laut teritorial.

Negara terbesar di dunia adalah Rusia. Total wilayahnya mencapai 11 persen daratan dunia alias 17.125.200 km persegi. Rusia sendiri merupakan negara pecahan dari Uni Soviet dengan total wilayah paling luas.

2. Negara di dua benua

Selain jadi negara terluas di dunia, keunikan Rusia adalah letak geografisnya. Sering salah, Rusia adalah negara yang berada di dua benua, Asia dan Eropa.

Sebagian besar wilayah Rusia masuk bagian Asia, sekitar 13 juta km persegi. Sementara yang masuk wilayah Eropa hanya 4 juta km persegi.

3. Jalur kereta terpanjang

Trans Siberia yang terdapat di Rusia adalah jalur kereta terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 9.200 km.

Jalur rel tersebut mengantarkan perjalanan orang-orang dari Ibu Kota Moskow menuju Kota Vladivostok yang terletak di bagian paling timur negara itu, dengan waktu tempuh mencapai 7 hari di dalam kereta.

4. Perempuan lebih banyak dari pria

Perang Dunia II berdampak cukup besar bagi Rusia hingga hari ini. Karena banyak prajurit yang tewas, kini jumlah perempuan jadi lebih banyak.

Sebagai perbandingan, rasio populasi perempuan dan laki-laki dewasa di Rusia saat ini adalah 100 berbanding 86. Artinya, ada 14 perempuan yang tidak memiliki pasangan.

5. Gunung tertinggi di Eropa

Gunung Elbrus adalah gunung tertinggi di benua Eropa dengan ketinggian 5642 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung yang puncaknya selalu ditutupi es ini berlokasi di perbatasan antara Georgia dan Rusia.



Simak Video "Jalur Kereta ke Kaliningrad Diblokir, Rusia Ancam Lituania"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA