Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 28 Feb 2022 10:18 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Profil Ikon Wisata Kyiv, Tempat Presiden Ukraina Zelenskyy Nge-Vlog

Ikon wisata Kyiv di Ukraina.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di depan bangunan ikonik Kyiv (tangkapan layar)
Kyiv -

Baru-baru ini Presiden Ukraina Zelenskyy menunjukkan keberaniannya lewat sebuah vlog di depan ikon wisata Ibu Kota Kyiv. Berikut profilnya.

Sabtu kemarin (26/2) jagat dunia maya dibuat tersentuh akan keberanian Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy lewat vlog pribadi yang dibuatnya. Ketimbang mengevakuasi diri bersama Amerika Serikat, ia lebih memilih tinggal dan menghadang Rusia.

"Pertempurannya ada di sini. Saya butuh amunisi, bukan tumpangan," ujar seorang pejabat senior intelijen Amerika yang mengetahui langsung percakapan tersebut mengutip Zelenskyy.

Invasi pasukan Rusia terus merangsek dan makin mendekati ibu kota Ukraina pada Sabtu (26/2). Mereka melakukan pengepungan setelah melakukan serentetan serangan udara di kota-kota dan pangkalan militer di seluruh negeri, menurut kantor berita Associated Press.

Dalam videonya, Presiden Zelenskyy berorasi ala vlog di depan bangunan House with Chimeras yang menjadi salah satu ikon wisata Kyiv. Dihimpun detikTravel, Senin (28/2/2022), nama House with Chimeras itu memang begitu populer di kalangan turis.



Sesuai dengan namanya yang unik, rumah bergaya gothik itu memang dihiasi oleh banyak patung di atap rumahnya. Diketahui, bangunan itu terletak di perbatasan Kyiv dan dibangun oleh arsitek kenamaan Vladislav Horodecki tahun 1902 silam.

Menurut Gorodetsky, rumah itu terinspirasi dari keinginannya untuk safari di Afrika. Tak heran, traveler bisa menjumpai aneka hewan Afrika seperti singa, jerapah, buaya hingga badak di atas bangunannya.

Mitos kutukan di House with Chimeras

Tak hanya membangun, rumah itu juga sempat ditinggali oleh Horodecki dan keluarganya setahun setelahnya. Sayang, ia harus melelang rumahnya karena tak mampu membayar sejumlah denda.

Ikon wisata Kyiv di Ukraina.House of Chimeras di Ibu Kota Kyiv, Ukraina (istimewa)

Dengan berat hati, Gorodetsky pun harus meninggalkan mahakaryanya itu. Namun, ia juga memberi satu kutukan bagi para penghuni rumah di luar keluarganya.

Barangsiapa yang tinggal di rumah itu, disebut akan tak bahagia dan jatuh miskin. Hanya keturunan dari Gorodetsky saja yang akan diterima di rumah tersebut.

Sepeninggal Horodecki, rumah itu sempat berganti tangan beberapa kali hingga dialihfungsikan sebagai apartemen di tahun 1921. Setelah Perang Dunia II, bangunan itu juga sempat dijadikan rumah sakit bagi anggota partai komunis (Bolsheviks) Ukraina.

Adapun di awal tahun 1990, fungsi bangunan itu kembali dialihkan sebagai destinasi wisata yang terbuka untuk publik. Hanya di tahun 2005, bangunan itu dipugar dan menjadi rumah peristirahatan bagi delegasi asing.

Kini, bangunan tersebut menjadi ikon perjuangan dari Presiden Zelenskyy dan Ukraina atas invasi Rusia. Semoga saja bangunan ikonik itu tidak ikut dirusak oleh tentara Rusia.



Simak Video "Detik-detik Roket Rusia Hantam Pusat Kota Kyiv"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA