Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 15 Mei 2022 12:31 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Gonjang-ganjing Rahasia Kamar Terkunci Taj Mahal

India masih berada di posisi kedua setelah AS dengan jumlah kasus Corona terbanyak. Namun, pemerintah malah memperbolehkan warganya untuk mengunjungi Taj Mahal.
Taj Mahal India (Foto: AP/Pawan Sharma)
Jakarta -

Apakah kamar salah satu monumen terbesar di dunia masih menyimpan rahasia? Jadi terjadi gonjang-ganjing di sana terkait itu.

Hakim milik pengadilan tinggi di India tidak berpikir begitu. Pada hari Kamis, mereka menolak petisi yang diajukan oleh anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa di India yang menuntut pembukaan pintu lebih dari 20 kamar yang terkunci secara permanen di Taj Mahal.

BBC melansir, Minggu (15/5/2022), mereka ingin mengetahui sejarah sebenarnya dari monumen itu.

Lebih tepatnya, Rajneesh Singh mengatakan kepada pengadilan bahwa dia ingin memeriksa klaim oleh sejarawan dan para pemuja bahwa kamar-kamar itu menampung sebuah kuil bagi Siwa, dewa Hindu.

Taj Mahal adalah makam tepi sungai abad ke-17 di Kota Agra yang dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang ratunya, Mumtaz. Ia meninggal saat melahirkan anak ke-14 mereka.

Monumen yang menakjubkan itu dibangun dengan batu bata, batu pasir merah dan marmer putih dan terkenal dengan kisi-kisi yang rumit. Taj Mahal adalah salah satu atraksi wisata terbesar di India.

Tapi sejarah yang diterima tidak membuat Singh terkesan. "Kita semua harus tahu apa yang ada di balik kamar-kamar ini," kata dia memohon kepada pengadilan.

Banyak kamar terkunci yang disinggung oleh Singh terletak di ruang bawah tanah mausoleum. Dan menurut catatan monumen yang paling otoritatif, tidak banyak hal yang ada di sana.

Ebba Koch, otoritas terkemuka arsitektur Mughal dan penulis studi magisterial Taj, mengunjungi dan memotret kamar-kamar dan lorong-lorong monumen selama penelitiannya.

Kamar-kamar ini adalah bagian dari tahkhana atau ruang bawah tanah selama bulan-bulan musim panas. Sebuah galeri di teras tepi sungai monumen terdiri dari serangkaian kamar.

Koch menemukan 15 kamar diatur dalam barisan di sepanjang tepi sungai dan dicapai melalui koridor sempit.

Selanjutnya, rincian kamar-kamar di Taj Mahal >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menengok Masjid An-Nur Pekanbaru, Taj-Mahalnya Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA