Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 18 Mei 2022 15:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Jumlah Benua di Dunia beserta Populasi dan Luasnya

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Ilustrasi Benua
Ilustrasi benua (iStock)
Jakarta -

Seperti yang kita tau, Indonesia terletak di benua Asia. Tapi, tahukah kalian kalau jumlah benua di dunia ternyata ada tujuh! Berdasarkan data dari worldatlas, berikut adalah ketujuh benua di dunia yang diurutkan berdasarkan besar populasinya:

Benua Asia
Benua Asia merupakan benua terbesar dan terpadat di dunia. Benua Asia memiliki luas wilayah sebesar 44,579,000 km² dengan populasi lebih dari 4,5 milyar. Benua Asia terdiri atas 48 negara yang terbagi ke dalam lima region, yaitu: Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Selain sebagai benua terbesar, benua Asia juga dikenal dengan sebutan benua kuning. Hal ini disebabkan oleh ras terbesar di benua Asia adalah ras mongoloid yang memiliki kulit kuning.

Benua Afrika
Benua Afrika memiliki luas sebesar 30.370.000 km². Jika dibanding benua Asia, luas ini hanya berbeda sedikit. Namun, dari segi populasi, ada perbedaan cukup besar antara Asia dan Afrika. Benua Afrika memiliki populasi sekitar 1,2 milyar.

Afrika terdiri atas 54 negara yang terbagi ke dalam lima bagian, yaitu Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan. Tahukah kalian, menurut data dari worldatlas, benua Afrika merupakan benua dengan penduduk multibahasa terbanyak di dunia, lho!

Benua Eropa
Benua Eropa merupakan benua terpadat ketiga di dunia dengan populasi sebanyak lebih dari 746 juta jiwa. Jumlah benua di dunia ada tujuh dan dari segi luas, benua Eropa merupakan benua terluas keenam dengan area sebesar 10.180.000 km².

Menurut data dari laman schengenvisainfo, wilayah Eropa terbagi menjadi empat kawasan, yaitu Eropa Timur, Eropa Barat, Eropa Selatan, dan Eropa Utara dengan total 45 negara. Benua Eropa juga dikenal sebagai benua biru, karena mayoritas penduduk Eropa memiliki mata berwarna biru.

Benua Amerika Utara
Benua Amerika Utara memiliki luas wilayah sebesar 24.709.000 km² dengan populasi sekitar 579 juta jiwa. Dari segi luas wilayah, benua ini merupakan benua terbesar ketiga.

Sedangkan dari jumlah populasi, merupakan benua terpadat keempat. Amerika Utara terdiri atas 23 negara. Menurut skema geografi dari PBB, Amerika Utara terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia.

Benua Amerika Selatan
Amerika Selatan merupakan benua terbesar keempat dan benua terpadat ketiga. Benua ini memiliki wilayah seluas 17.840.000 km² dengan populasi lebih dari 423 juta jiwa.

Benua Amerika Selatan terdiri atas 12 negara. Negara-negara tersebut adalah Argentina, Bolivia, Brazil, Chile, Colombia, Ekuador, Guyana, Peru, Paraguay, Suriname, Uruguay, dan Venezuela.

Benua Australia (Oseania)
Benua Australia atau disebut juga dengan Oseania merupakan benua terkecil di dunia. Benua ini juga merupakan benua dengan tingkat kepadatan populasi terendah kedua. Benua Australia memiliki luas wilayah sebesar 8.525.989 km² dengan populasi sekitar 41,5 juta jiwa.

Benua Australia terdiri atas 14 negara. Dilansir dari britannica, secara tradisional Australia Oseania terbagi ke dalam empat region, yaitu Australasia (Australia dan Selandia Baru), Melanesia, Micronesia, dan Polinesia.

Benua Antartika
Benua Antartika merupakan benua yang tidak memiliki penduduk permanen dan negara di dalamnya. Benua ini memiliki luas wilayah sebesar 14.200.000 km². Benua Antartika merupakan wilayah terdingin dan paling berangin di dunia.

Meski tidak memiliki penduduk permanen, namun terdapat beberapa stasiun penelitian yang berdiri di Antartika. Sehingga untuk waktu-waktu tertentu Antartika tetap berpenghuni. Terutama pada musim liburan, Antartika juga menjadi salah satu destinasi wisata bagi beberapa kalangan.

Nah, sekarang travelers sudah mengetahui kalau jumlah benua di dunia ada tujuh. Kira-kira benua mana yang paling menarik untuk dikunjungi ya?



Simak Video "Starlink Milik Elon Musk Siap Merambah Benua Antartika"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA