Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 21 Mei 2022 20:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Batas Wilayah Benua Asia serta Pembagian dan Keunikan Wilayahnya

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Benua Asia
Ilustrasi peta Benua Asia. Foto: Getty Images/iStockphoto/Graphic_photo
Jakarta -

Wilayah Benua Asia berbatasan langsung dengan beberapa samudra dan wilayah perairan. Berikut uraian mengenai batas wilayah Benua Asia.

Letak Geografis

Secara geografis, benua Asia terletak di antara tiga benua dan samudra, yaitu Benua Eropa, Amerika, dan Australia. Kemudian Samudra Pasifik, Hindia, dan Arktik.

Mengutip laman IPS IX MGMP Pati, berikut adalah batas-batas wilayah Benua Asia:

  • Utara: Samudra Arktik
  • Selatan: Samudra Hindia
  • Timur: Selat Bering dan Samudra Pasifik bagian timur
  • Barat: Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah.

Letak Astronomis

Secara astronomis, letak Benua Asia ada pada 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Posisi ini menunjukkan bahwa mayoritas wilayah Benua Asia ada di belahan bumi bagian utara. Hanya terdapat beberapa pulau yang berada di bagian selatan, salah satunya yaitu Indonesia.

Luas dan Pembagian Wilayah

Mengutip dari worldatlas, Benua Asia memiliki luas sebesar 44,579,000 km² dengan penduduk lebih dari 4,5 milyar. Benua Asia terbagi ke dalam lima kawasan, yaitu: Asia Timur, Asia Tengah, Asia Barat, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Terdapat 48 negara yang menjadi bagian Benua Asia. Berikut adalah pembagiannya:

  • Asia Timur terdiri atas 8 negara, yaitu: Republik Rakyat Tiongkok, Mongolia, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Makau, Taiwan, dan Hongkong.
  • Asia Barat terdiri atas 18 negara, yaitu: Turki, Arab Saudi, Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Georgia, Irak, Iran, Israel, Kuwait, Libanon, Oman, Qatar, Siprus, Suriah, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Yordania.
  • Asia Tengah memiliki 5 negara yang terdiri dari: Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.
  • Asia Selatan terdiri atas 7 negara, yakni: Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Srilanka.
  • Asia Tenggara memiliki 10 negara yang terdiri atas: Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, Vietnam, dan Filipina. Serta Timor Leste yang telah menjadi bagian dari forum regional ASEAN, namun belum menjadi anggota secara resmi.

Keunikan Benua Asia

Dengan jumlah negara yang banyak serta wilayah yang luas, Benua Asia memiliki berbagai karakteristik unik yang membedakannya dari benua lain.

Berikut adalah beberapa keunikan Benua Asia:

  • Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Hal inilah yang membuat batas wilayah Benua Asia membentang luas dan bersentuhan langsung dengan banyak wilayah lain.
  • Merupakan benua terpadat di dunia. Dengan wilayah yang luas, tidak heran jika Benua Asia dihuni oleh banyak penduduk. Terdapat 5 negara di Benua Asia yang termasuk ke dalam 10 negara dengan jumlah populasi terbanyak. Negara-negara tersebut adalah: Republik Rakyat Tiongkok, India, Indonesia, Pakistan, dan Bangladesh.
  • Mengutip britannica, Benua Asia merupakan tempat lahirnya agama-agama besar, yakni agama Buddha, Hindu, Islam, Kristen, dan Yudaisme.
  • Puncak tertinggi di dunia berada di Benua Asia, yaitu Gunung Everest dengan ketinggian 8.850 meter di atas permukaan laut.
  • Titik terendah di daratan juga ada di Benua Asia, yaitu permukaan Laut Mati yang diperkirakan berada 430 meter di bawah permukaan laut.


Simak Video "Dekorasi Ruang Santai Unik di Dalam Bubble Raksasa, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA