Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Jun 2022 23:12 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Kota di Dunia yang Penduduknya Berumur Panjang

5 Tempat Dimana Warganya Berumur Panjang,
Foto: Okinawa, Jepang (Getty Images)
Jakarta -

Hidup panjang umur adalah dambaan setiap orang. Apakah traveler tahu 5 tempat di dunia dimana warganya diberkahi dengan umur yang panjang?

Blue Zones atau Zona Biru merupakan area di mana hidup beberapa orang tertua dan paling sehat di dunia. Menurut Buettner, ada lima tempat di dunia di mana banyak orang-orang dengan usia 80-an, 90-an bahkan melampaui 100 tahun dengan mudah. Berikut 5 tempat tersebut:


1. Sardinia, Italia

Costa Paradiso landscape, with wild Spiaggia di Li Cossi, SardiniaCosta Paradiso landscape, with wild Spiaggia di Li Cossi, Sardinia Foto: Getty Images/iStockphoto/Balate Dorin

Menurut situs Blue Zones, para peneliti menemukan keanehan genetik langka dalam penghuni Sardinia. Hal ini dikaitkan dengan umut panjang mereka.

Tak hanya tentang genetika, tapi orang yang tinggal di Sardinia punya gaya hidup yang sangat aktif. Mereka masih berburu dan memanen sebagian besar makanan mereka secara lokal.

Masyarakat sebagian besar makan makanan yang sehat yaitu terdiri dari roti gandum, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan yang semuanya penting untuk kesehatan jantung.

2. Okinawa, Jepang

5 Tempat Dimana Warganya Berumur Panjang,5 Tempat Dimana Warganya Berumur Panjang, Foto: (Getty Images)

Orang-orang yang tinggal di Okinawa memiliki tingkat kanker, penyakit jantung dan demensia yang sangat rendah dibandingkan dengan orang Amerika.

Umur panjang mereka ini dikaitkan dengan ikatan sosial yang kuat. Mereka juga suka makan sebagian besar makanan nabati.

"Orang Okinawa yang lebih tua dapat dengan mudah mengartikulasikan alasan mereka bangun di pagi hari," tulis situs Blue Zones.

"Kehidupan mereka yang diilhami tujuan memberi peran tanggung jawab yang jelas dan perasaan yang dibutuhkan sampai usia 100-an," tambahnya.

3. Nicoya, Kosta Rika

5 Tempat Dimana Warganya Berumur Panjang,5 Tempat Dimana Warganya Berumur Panjang, Foto: (Getty Images)

Kosta Rika mengharuskan orang-orang untuk menjalani 'kehidupan murni'. Ya, keinginan untuk hidup bahagia dan membuat mereka bisa berumur panjang. Hal itu didasari oleh ikatan keluarga yang kuat ditambah dengan makanan yang sehat.

"Makan lebih sedikit kalori tampaknya jadi salah satu cara paling pasti untuk menambah tahun dalam hidup Anda," tulis situs Blue Zones.

"Orang-orang Nicoyan makan malam lebih awal. Hampir sepanjang hidup mereka, para centenarian Nicoyan makan makanan tradisional Mesoamerika.. labu, jagung dan kacang-kacangan," tambahnya.

4. Ikaria, Yunani

5 Tempat Dimana Warganya Berumur Panjang,5 Tempat Dimana Warganya Berumur Panjang, Foto: (Getty Images)

Pulau Ikaria di Yunani menjadi tempat dari 10.000 orang. Menurut Blue Zones, hampir semuanya bebas dari demensia dan penyakit kronis.

Satu dari tiga penduduk di sini hidup sampai usia 90-an. Menurut peneliti, hal itu tergantung pada budaya sosial-sentris ereka, tingkat aktivitas dan diet dan kecintan mereka pada segelas anggur.

"Udara bersih, angin sepoi-sepoi yang hangat dan medan yang kasar menarik mereka kelar ke dalam gaya hidup aktif," kata situs Blue Zones.

5. Loma Linda, California

5 Tempat Dimana Warganya Berumur Panjang,5 Tempat Dimana Warganya Berumur Panjang, Foto: (Getty Images)

Masyarakat di Loma Linda, Calfornia hidup sekitar satu dekade lebih lama dari rata rata kehidupan orang. Bisa jadi, hal tersebut disebabkan karena diet vegetarian mereka yang ketat dan suka berolah raga. Ada juga kemungkinan karena semangat mereka membantu orang lain.

"Seperti banyak agama, Gereja Masehi Advent Hari ke Tujuh mendorong dan memberi kesempatan bagi anggotanya untuk menjadi sukarelawan," tulis Blue Zones.

Mereka juga tetap aktif, menemukan tujuan dan mencegah depresi dengan berfokus untuk membantu orang lain.



Simak Video "Pulau Sardinia Rusak Parah Akibat Kebakaran Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA