Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jun 2022 22:46 WIB

TRAVEL NEWS

10 Kota Terbaik untuk Digital Nomad, Jakarta Urutan Berapa?

Ilustrasi Digital Nomad
Foto: Ilustrasi Digital Nomad (iStock)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mengubah cara masyarakat bekerja. Kini banyak yang memilih bekerja jarak jauh sambil melakukan traveling.

Sebuah studi dilakukan oleh penyedia solusi kerja fleksibel, The Instant Grup. Mereka mencari kota terbaik untuk para digital nomad berdasarkan beberapa faktor, misalnya fasilitas akomodasi, Wi-Fi, transportasi hingga kuliner yang tersedia di kota tersebut.

Mengutip Instant Office, peringkat pertama diraih oleh kota Lisbon di Portugal, Lisbon yang menjadi tempat yang sempurna untuk menemukan makanan murah dan lezat, cuaca dan pemandangan indah hingga infrastruktur yang sangat baik.

Ibu kota di pesisir Portugis merupakan surga pecinta makanan dengan pasar lokal dan makanan laut segar yang tersedia hampir di setiap sudut. Dengan fasilitas lebih dari 7.000 hot spot Wi-Fi dengan kecepatan rata-rata 163 Mbps, kota ini ideal untuk traveler menikmati matahari dan juga berselancar sambil bekerja.

Peringkat kedua diraih Bangkok. Diberitakan Bangkok Post, kota Bangkok dikaitkan dengan makanan lokal yang lezat, lebih dari 15.000 tempat Wi-Fi dengan kecepatan tinggi, pilihan transportasi yang luar biasa hingga akomodasi termurah yang tersedia secara global, yaitu rata-rata 1.174 baht atau sekitar Rp 491 ribu per malam.

Faktor kunci untuk ruang kerja bagi nomaden yang fleksibel adalah keterjangkauan, cuaca, pemandangan hingga kecepatan broadband. Bangkok mendapatkan nilai yang bagus dalam kategori ini.

Sementara, beberapa kota yang memiliki tempat wisata populer justru berada di peringkat yang rendah, misalnya London, Paris, dan Venesia. Kota-kota ini berada di bawah beberapa pemenang yang tidak terduga seperti kota Thessaloniki di Yunani, Gothenburg di Swedia dan San Jose di California.

Di samping itu, lebih dari separuh kota yang masuk dalam 60 besar berada di Asia. Kota-kota tersebut ialah, Jakarta, Seoul, Kuala Lumpur, Singapura dan Hong Kong yang menawarkan perjalanan yang mengasyikkan, pemandangan, makanan hingga konektivitas yang luar biasa.

Jakarta menempati posisi ke 25 setelah Beijing, sementara setelahnya adalah kota Kathmandu di Nepal. Singapura menduduki peringkat ke 31 lalu disusul oleh Roma, Italia.

Permintaan untuk ruangan bekerja di beberapa kota seperti Singapura dan Hong Kong tinggi, sebab banyak orang yang mencari cara baru untuk memanfaatkan ruang kerja. Mereka mencari ruang kerja yang kreatif hingga ruangan pertemuan untuk memungkinkan mereka bekerja sambil traveling.

Untuk konektivitas, Singapura memiliki kecepatan broadbrand rata-rata tercepat dalam penelitian dengan 256 Mbps. Sementara Jakarta memiliki lebih dari 97.000 hotspot WiFi di seluruh kota.

Pada tahun 2021, terdapat 35 juta nomaden digital di seluruh dunia. Studi menunjukkan bahwa 80 persen digital nomad suka tinggal di satu lokasi selama 3-9 bulan.

Berikut 10 Kota Terbaik untuk Digital Nomad di Tahun 2022:


1. Lisbon, Portugal
2. Bangkok, Thailand
3. Thessaloniki, Yunani
4. Dallas, Amerika Serikat
5. San Antonio, USA
6. Seville, Spanyol
7. Seoul, Korea Selatan
8. Sydney, Australia
9. Athens, Yunani
10. Budhapest, Hungaria



Simak Video "Aktivitas Warga Dibatasi, Malam Natal di Kota Lisbon Portugal Sunyi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA