Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 30 Jul 2022 23:07 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Jembatan Made In China di Kroasia Bikin Wajah Pantai Adriatik Berubah Total

Jembatan Peljesac
Jembatan Peljesac (Foto: CNN)
Zagreb -

Jembatan yang lama ditunggu-tunggu di Kroasia telah dibuka. Jembatan buatan China itu sebagai penghubung dengan wilayah Adriatik selatan.

Bernama Jembatan Peljesac, secara resmi diluncurkan pada hari Selasa, mengutip CNN Sabtu (30/7/2022). Bangunan yang juga didanai oleh Uni Eropa itu membentang antara Komarna di dan Brijesta di semenanjung Peljesac.

Jembatan Peljesac membuat akses yang lebih mudah ke tempat wisata populer Dubrovnik. Memiliki panjang 2,4 kilometer, pembukaan jembatan itu dianggap sebagai momen bersejarah bagi negara tersebut.

Ratusan orang menjadi yang pertama menyeberang dengan berjalan kaki saat jembatan dibuka untuk pejalan kaki dan kemudian untuk pengendara bermotor.

Hingga saat ini, baik penduduk maupun wisatawan harus melintasi Bosnia-Herzegovina ketika bepergian ke dan dari wilayah Dalmatia Selatan menuju ke daratan. Artinya mereka harus menjalani pemeriksaan perbatasan hingga membuat sebagian wilayah di Laut Adriatik merasa terisolasi.

Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovi menggambarkan Jembatan Peljesac yang menelan biaya € 525 juta itu bukanlah kemewahan, tetapi kebutuhan.

Fireworks illuminate skies over the newly built Peljesac Bridge in Komarna, southern Croatia, Tuesday, July 26, 2022. Croatia is marking the opening of a key and long-awaited bridge connecting two parts of the country's Adriatic Sea coastline while bypassing a small part of Bosnia's territory. (AP Photo)Jembatan Peljesac (Foto: AP Photo)

Berdiri 55 meter di atas permukaan laut, Jembatan Peljesac telah dikerjakan selama beberapa tahun, dengan kontribusi pendanaan € 357 juta dari UE pada tahun 2017.

Jembatan Peljesac akan memangkas waktu perjalanan hingga 37 menit bagi pelintas sepanjang garis pantai Adriatik, menurut pejabat Uni Eropa.

Selanjutnya, kritik Jembatan Pelješac

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sah! Kroasia Akan Gunakan Mata Uang Euro Mulai 1 Januari 2023"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA