Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 02 Sep 2022 21:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Punya Budget Rp 5 Juta? Yuk, Gas Berangkat ke Filipina

Putu Intan
detikTravel
jeepney filipina
Kendaraan jeepney di Filipina. Foto: (iStock)
Jakarta -

Biaya liburan ke Filipina terkenal murah dibandingkan dengan negara lain. Bermodal Rp 5 juta, kamu bisa liburan 3 hari di sana.

detikcom sempat berkunjung ke booth Departemen Pariwisata Filipina (PDOT) Astindo Hybrid Travel Fair 2022 di PIK Avenue, Jakarta Utara pada Kamis (1/9/2022). Di sana, traveler dapat mengenal sejumlah destinasi unggulan Filipina mulai dari Manila, Cebu, dan Boracay.

Filipina sendiri terkenal memiliki daya tarik alam berupa pantai dan laut serta sejumlah peninggalan kolonial yang membuat wisatawan serasa berada di Eropa. Dengan suasana yang asyik, banyak orang Indonesia tertarik datang ke sana.

Namun, berapa ya budget yang harus disiapkan jika ingin liburan di Filipina? Staf PDOT, Sinta menjelaskan untuk biaya itu tergantung destinasi dan fasilitas yang ingin wisatawan nikmati di Filipina.

"Kalau menggunakan jasa agen travel, explore Manila itu di angka Rp 5 juta sudah bisa. Itu durasi 3 hari," kata dia.

Harga Rp 5 juta itu sudah termasuk tiket pesawat, hotel, biaya makan, dan masuk tempat wisata.

Sementara itu jika traveler ingin jalan-jalan secara mandiri di Filipina juga bisa dengan budget Rp 5 juta. Salah seorang travel influencer, Decky Tri menceritakan pengalamannya liburan ke Filipina dengan gaya backpacker.

Decky sukses mendapatkan tiket pesawat Jakarta-Manila pp seharga Rp 900 ribu. Ia juga tinggal di hotel bintang 3 yang harga per malamnya adalah 1.000 peso atau Rp 280 ribu.

"Untuk makan juga murah. Saya bawa 10 ribu peso itu sekitar Rp 2,8 juta untuk 5 hari. Untuk sekali makan harganya sekitar 200 peso atau Rp 30 ribu-40 ribu," ujarnya.

Jika ingin bepergian di Filipina, wisatawan dapat menggunakan transportasi umum. Biayanya kisaran 4.500-6.000 untuk naik jeepney atau bisa juga memesan ojek online Filipina, JoyRide yang tarifnya dihitung per kilometer.

"Harganya 120 peso atau sekitar Rp 40 ribu untuk jarak 5 kilometer," kata Decky.



Simak Video "Lampu Chandelier Bergoyang saat Gempa M 7.1 Guncang Utara Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA