Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 04 Sep 2022 10:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Hari Tanpa Malam, di 7 Lokasi Ini Mataharinya Tak Pernah Terbenam

Yasmin Nurfadila
detikTravel
A young boy is paddling a canoe in beautiful summer weather on the perfectly calm river Västerdalälven in the wilderness of northern Sweden
Cuaca musim panas di sebuah sungai di utara Swedia. Foto: (iStock)
Jakarta -

Iklim sebuah tempat salah satunya dipengaruhi oleh letak astronomis. Karena letaknya, beberapa tempat ini tak merasakan malam hari.

Normalnya dalam 24 jam, waktu terbagi ke dalam siang dan malam. Waktu setelah terbit dan terbenam matahari.

Namun, di beberapa tempat di dunia ternyata ada lho yang mataharinya tidak terbenam selama lebih dari 70 hari. Hmm.. keren atau malah membingungkan ya?

Dirangkum dari beberapa sumber, ini dia 6 lokasi yang mataharinya tak terbenam:

Norwegia

Norwegia disebut juga sebagai Negeri Matahari Tengah Malam (the Land of the Midnight Sun). Dari bulan Mei hingga akhir Juli atau sekitar 76 hari matahari di beberapa kota Norwegia tak pernah terbenam sepenuhnya.

Salah satu kota yang kerap jadi tujuan wisata untuk melihat matahari di tengah malam adalah kepulauan Svalbard. Wilayah ini merupakan wilayah berpenghuni paling utara di Eropa. Masyarakat wilayah ini tak mengalami malam hari mulai dari 10 April hingga 23 Agustus.

Islandia

Islandia merupakan pulau terbesar kedua di Eropa. Selama musim panas, matahari di negara ini tak pernah sepenuhnya terbenam. Umumnya saat musim panas matahari bersinar selama 18-21 jam. Namun, setelah matahari terbenam pun langit Islandia tak pernah gelap.

Jika traveler ingin melihat matahari tengah malam di negara ini, traveler dapat berkunjung ke kota Akureyri dan Pulau Grimsey. Kunjungan disarankan dilakukan pada bulan Juni karena merupakan puncak musim panas dengan durasi matahari paling panjang.

Kanada

Kanada juga menjadi salah satu negara yang beberapa wilayahnya tak mengalami malam hari. Terutama wilayah-wilayah yang berada di bagian utara.

Dua wilayah yang mengalami ini di antaranya yaitu Nunavut dan Inuvik. Selama musim panas, matahari di kedua wilayah ini bersinar 24 jam selama kurang lebih dua bulan.

Finlandia

Negeri seribu danau (land of thousand lakes) alias Finlandia juga mengalami hal serupa di musim panas. Beberapa wilayah di negara ini, terutama yang berada di bagian utara tak mengalami malam hari selama lebih dari 70 hari di musim panas.

Untuk melihat matahari tengah malam di Finlandia, kota yang paling direkomendasikan adalah Helsinki.

Alaska

Alaska merupakan negara bagian paling utara di Amerika Serikat. Dari akhir Mei hingga akhir Juli, di kawasan ini matahari tak pernah tenggelam sepenuhnya. Namun, ada juga sumber yang menyebutkan bahwa fenomena matahari tengah malam ini dialami mulai dari pertengahan April hingga Agustus.

Salah dua wilayah yang mengalami fenomena ini adalah Barrow dan Fairbanks. Namun, untuk wisatawan yang ingin melihat midnight sun, Fairbanks adalah pilihan yang paling disarankan.

Swedia

Dekat dengan Norwegia, Swedia juga mengalami musim panas tanpa malam. Selama musim panas, normalnya matahari dapat terbenam lewat tengah malam dan terbit kembali sekitar pukul 4 pagi.

Meski begitu, matahari tak benar-benar terbenam karena langit masih dalam keadaan cerah. Di beberapa wilayah Swedia seperti Lapland, matahari tengah malam terjadi selama hampir 60 hari. Mulai dari akhir Mei hingga pertengahan Juli. Selain Lapland, fenomena ini juga dapat dinikmati dari kota Abisko dan Jokkmokk.

Greenland

Wilayah Greenland tengah mengalami hari tanpa malam mulai dari akhir Mei hingga akhir Juli. Untuk menikmati matahari tengah malam, kota terbaik untuk para wisatawan adalah kota Qaanaaq. Kota ini merupakan kota paling utara di Greenland.

Saat mengalami hari tanpa malam, wilayah Greenland yang hijau tampak sangat indah. Matahari di sini bersinar dengan hangat dan lembut. Membuat tanah Greenland serta puncak bukit dan gunungnya dipenuhi guratan warna-warni.



Simak Video "Imigrasi Siapkan 4 Layanan untuk Permudah Turis Wisata dengan Kapal Pesiar"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA