Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 04 Okt 2022 11:02 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Assalamualaikum... Ya Negeri Erdogan

Pemandangan Kota Istanbul, Turki
Pemandangan Istanbul dari Selat Bosphorus (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Istanbul -

Setelah lebih dari 12 jam naik pesawat udara, akhirnya detikTravel sampai juga di kota Istanbul, Turki untuk yang pertama kalinya.

Perjalanan kali ini terasa sangat spesial, karena untuk pertama kalinya detikTravel terbang ke luar negeri selama 3 tahun pandemi COVID-19 berlangsung. Selama 6 hari ke depan, detikTravel akan diajak untuk menjelajahi keragaman budaya di negara yang dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan ini.

Perjalanan dimulai dari Bandara Internasional Soekarno Hatta. Karena tingginya minat wisatawan dari Indonesia untuk liburan ke Turki, kami sempat kehabisan tiket penerbangan langsung dari Jakarta ke Istanbul, Turki.

Akhirnya, rencana berubah. Kami memesan rute penerbangan ke Turki yang lain dari biasanya. Pertama-tama, kami membeli tiket penerbangan dari Jakarta ke India, kemudian dari India kami melanjutkan perjalanan ke Muscat, Oman.

Lalu diakhiri dengan meneruskan perjalanan dari Muscat, Oman ke Istanbul, Turki. Memang terdengar rumit dan melelahkan karena harus ganti-ganti pesawat, namun untuk pengalaman sekali seumur hidup, rasanya patut untuk dicoba.

Namun rencana hanya tinggal rencana. Di hari H keberangkatan, tiba-tiba kami tidak bisa check in dengan maskapai AirAsia ke India. Hal itu disebabkan karena kami tidak memiliki visa India.

Padahal di India kami hanya transit saja, karena masih akan melanjutkan perjalanan ke Muscat, Oman. Namun petugas check in AirAsia tetap tidak bisa memroses tiket kami lantaran kami tidak mengantongi visa India.

"Tidak bisa mas, tetap harus punya visa India, meski cuma transit. Sistemnya diblok, tidak bisa check in kalau tidak punya visa," kata petugas AirAsia.

Aturan baru ini tentu saja cukup mengagetkan, karena kami tidak mendapatkan notifikasi dari pihak maskapai AirAsia. Pun ketika memesan tiket penerbangan, kami juga tidak mendapatkan informasi dari agen bahwa wajib memiliki visa India meski hanya transit di sana.

Rencana pun berubah. Kami memesan penerbangan pengganti dengan maskapai yang baru di hari H keberangkatan. Dari sekian banyak penerbangan yang tersedia, akhirnya kami memilih maskapai Emirates EK359 yang terbang ke Istanbul, Turki namun transit terlebih dahulu di Dubai.

Perjalanan ke Dubai ditempuh selama 8 jam 15 menit. Setelah transit selama 5 jam, kami akhirnya melanjutkan perjalanan ke Istanbul, Turki dengan waktu tempuh 4 jam 40 menit.

Setelah perjalanan yang sangat panjang, total lebih dari 24 jam termasuk transit dan perubahan rencana, akhirnya kami sampai juga di Istanbul, pada pukul 14.25 waktu setempat.

Fiuhhh.... Nantikan terus perjalanan detikTravel di Turki ya traveler!



Simak Video "Gempa M 5,9 Guncang Turki, 68 Orang Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA