Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 07 Sep 2022 23:01 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tahukah Kamu, Ada Kota Tersembunyi di Bawah Cappadocia, Terbesar Sedunia!

kota bawah tanah
Foto: Kota di bawah tanah Cappadocia (Oktavia Sari Wijayanti/d'Traveler)
Cappadocia -

Selama ini kita mengenal Cappadocia dengan balon udara dan pemandangannya yang indah. Tapi, tahukah kamu di bawah tanah Cappadocia tersembunyi sebuah kota?

Lebih dari 85 meter di bawah perbukitan Cappadocia, terdapat sebuah kota bawah tanah yang besar dan pernah dihuni manusia selama ribuan tahun.

Kota kuno Elengubum atau yang sekarang disebut Derinkuyu, begitulah warga Cappadocia mengenal kota ini. Kota bawah tanah terbesar di dunia ini terdiri dari banyak terowongan dan kanal-kanal.

Selama ribuan tahun, kota bawah tanah ini telah dihuni oleh berbagai macam suku bangsa dari bangsa Phyrygian, Persia, sampai umat Kristen dari era Byzantine.

Kota tersebut akhirnya ditinggalkan seluruhnya pada tahun 1920 oleh orang-orang Yunani Cappadocia, saat mereka mengalami kekalahan pada perang Yunani-Turki. Mereka diketahui berbondong-bondong kabur ke Yunani.

Di kota bawah tanah itu terdapat gua-gua yang membentang ratusan kilometer dan diyakini ada lebih dari 200 desa kecil. Desa-desa itu terhubung satu sama lain oleh berbagai terowongan sehingga membentuk jaringan bawah tanah raksasa.

Ditemukan Gara-gara Ayam

Menurut pemandu wisata bernama Suleman, Derinkuyu 'kembali ditemukan' pada 1963 oleh seorang warga yang selalu kehilangan ayam-ayam peliharaannya. Saat dia sedang merenovasi rumahnya, unggas-unggas itu menghilang ke celah-celah kecil dan tidak pernah muncul lagi.

Setelah melakukan penyelidikan dan penggalian, warga Turki itu menemukan jalan gelap yang ternyata adalah salah satu dari 600-an pintu masuk menuju Kota Derinkuyu.

Tourists explore a passage in the Derinkuyu underground city, in Turkey's central Nevsehir province, on August 24, 2022. - The ancient city of Elengubu, known today as Derinkuyu, reaches the depth of 85m below the Earth's surface, and could accommodate up to 20,000 people. (Photo by OMAR HAJ KADOUR / AFP) (Photo by OMAR HAJ KADOUR/AFP via Getty Images)Derinkuyu Foto: Omar Haj Kadour/AFP/Getty Images

Penggalian besar-besaran kemudian berlangsung dan mengungkap jejaring ruangan, mulai dari ruang penyimpanan makanan kering, kandang ternak, sekolah, penyimpanan anggur, sampai kapel.

Kota bawah tanah itu lantas ramai dikunjungi oleh turis dari seluruh penjuru dunia dan akhirnya pada tahun 1985 dimasukkan ke dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Selanjutnya: Kapan Kota Bawah Tanah Ini Dibangun?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA