Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 10 Okt 2022 18:16 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inilah Mesin ATM Tertinggi di Dunia

Syanti Mustika
detikTravel
ATM tertinggi di dunia yang berada di perbatasn Pakistan-China
Mesin ATM tertinggi di dunia (Guinness World Records)
Jakarta -

Berada di ketinggian 4.693 Mdpl, mesin ATM yang ada di perbatasan Pakistan-China ini dinobatkan menjadi mesin ATM tertinggi di dunia. Beku nggak ya uangnya?

Keberadaan mesin ATM sudah lekat dengan kita karena mempermudah untuk menarik uang dari tabungan. Namun pernahkah kamu membayangkan mesin ATM di ketinggian lebih dari 4.000 Mdpl? Tak perlu lagi kekurangan uang nih.

Dilansir dari BBC, Senin (10/10/2022) ATM Khunjerab Pass ini dibangun oleh National Bank of Pakistan (NBP) pada tahun 2016. Mesin ATM ini menggunakan tenaga surya dan angin dalam pengoperasiannya.

ATM ini digunakan oleh warga di sekitar perbatasan dan para pelancong yang meluangkan waktu untuk melihat mesin ATM ini. Candaan yang identik dengan ATM ini adalah 'cold, hard cash'. Kalau candaan dari detikTravel mah 'beku nih uang gue, sampai keras banget ini duit dari ATM,".

ATM tertinggi di dunia yang berada di perbatasn Pakistan-ChinaATM tertinggi di dunia yang berada di perbatasn Pakistan-China Foto: (World's Highest ATM - NBP Khunjrab Pakistan/Facebook)

Tentu bukan hal yang mudah membangun ATM di ketinggian super ini. Butuh waktu empat bulan. Sedangkan lokasi bank NBP terdekat jaraknya 87 Km di Sost.

Butuh perjuangan juga bagi manajer cabang Sost, Zahid Hussain yang secara teratur melakukan perjalanan bolak-balik, menghadapi cuaca ekstrim, melewati gunung berbahaya dan sering erosi untuk mengisi ATM.

"Rata-rata, sekitar 4 hingga 5 juta Rupee (Rp 742.599.600- Rp 928.249.500) ditarik dalam rentang waktu 15 hari," katanya.

Jika terjadi permasalahan seperti keadaan darurat yang berkaitan dengan konektivitas satelit, cadangan tenaga surya, penarikan uang tunai dan kartu macet (tahun lalu, angin kencang mematikan sementara ATM), petugas harus menempuh waktu 2 jam lebih untuk ke ATM.

"Dibutuhkan sekitar dua hingga dua setengah jam bagi seseorang di darat untuk mencapai (ATM) dan melakukan perbaikan," jelas Bibi, petugas yang memonitor dan menyediakan data real-time ke cabang Sost.

Khunjerab Pass, perbatasan Paksitan-China yang berada di ketinggian 4.693 MdplKhunjerab Pass, perbatasan Paksitan-China yang berada di ketinggian 4.693 Mdpl Foto: (dok Istock)

Memang salah satu kekhawatiran traveler yang menarik uang di sini adalah kartu mereka macet di mesin. Mau tidak mau mereka harus menunggu lebih dua jam untuk menunggu petugas bahkan ada yang harus menunggu hingga besok. Karena cuaca ekstrem dan tidak mudah juga menuju lokasi ATM.

Banyak alasan yang bisa membuat manajer bank ini untuk pindah kerja, namun dia tidak melakukannya karena ada daya tarik bekerja di ATM Khunjerab Pass. Terlepas dari tekanan tinggi, taruhan tinggi dan ketinggian tidak biasa.

"Saya merasa sangat senang untuk menjadi bagian dari perubahan paradigma alam dan teknologi yang luar biasa ini," ungkapnya.

Klik selanjutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA