Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 17 Okt 2022 05:01 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Viral Anjing Diperlakukan Baik di Turki, Kenyataannya Memang Seperti Itu

Anjing liar di Istanbul
Foto: Anjing liar di Istanbul (Wahyu Setyo Widodo/detikTravel)
Istanbul -

Kota Istanbul terkenal dengan populasi hewan liar yang terawat. Selain kucing, anjing-anjing diperlakukan dengan sangat baik. Kenyataannnya memang seperti itu.

detikTravel berkunjung ke Turki 2 pekan yang lalu atas undangan dari Turkiye Tourism Promotion dan Development Agency (TGA). Selama berkunjung ke kota Istanbul, detikTravel menyaksikan sendiri begitu banyak populasi hewan liar yang berkeliaran dengan bebasnya di kota bersejarah itu.

Meski hidup liar, tetapi mereka diperlakukan dengan sangat baik oleh masyarakat Turki. Tak hanya kucing, anjing-anjing liar di Turki juga dirawat dan disayang sebagaimana saudara mereka sendiri. Meskipun notabene Turki adalah negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam.

Anjing-anjing liar yang berjalan-jalan santai di kota Istanbul adalah pemandangan biasa yang akan Anda lihat sehari-hari bila liburan ke Turki. Meski liar, mereka tidak akan menggonggong atau bahkan menyerang Anda.

Sebaliknya, bila Anda mendekati mereka dengan ramah. Mereka akan membalasnya dengan usapan manja kepala mereka ke kaki kita. Dan pemandangan seperti itu biasa saja di Turki.




Di media sosial Twitter, belakangan viral video tentang anjing liar di kota Istanbul yang bernama Boji. Boji viral karena dia suka naik moda transportasi umum, dari mulai trem, kereta hingga subway.

Dia punya rute dan tempat duduk favorit. Dalam sehari, Boji tidak kurang menempuh perjalanan 30 kilometer pulang-pergi naik kereta. Dia seperti sudah tahu hendak pergi ke mana hari itu.

Seperti selayaknya manusia, Boji juga tahu aturan naik kereta. Dia mendahulukan orang yang turun terlebih dulu. Baru setelah semua orang turun, dia naik ke atas kereta. Dia juga tahu harus menunggu di belakang garis kuning.

Respon masyarakat Turki sendiri terhadap Boji sangat baik. Mereka sangat sayang terhadap Boji. Pun sebaliknya, Boji juga senang-senang saja ketika ada orang yang menyentuh dan mengelusnya.

Ketika ditanya ke pemandu yang menemani detikTravel, Yavuz Sezen, orang Turki menyayangi anjing sama seperti mereka menyayangi kucing. Meski mereka muslim, setelah memegang anjing mereka akan tetap bersuci.

"Anjing-anjing di sini diperlakukan dengan baik. Sama seperti kucing. Mereka diberi makan, juga disteril sehingga populasinya tetap terkendali," kata Yavuz.

Oh iya, anjing liar di Turki juga tidak sembarangan lho. Mereka dilengkapi dengan tag bermicrogip yang biasa terpasang di bagian telinganya. Jadi meski liar, populasi mereka tetap bisa dipantau oleh otoritas berwenang. Turki juga punya hukum yang melindungi anjing dan kucing liar. Mereka sama sekali tidak boleh ditangkap atau bahkan dibunuh.

Di maskapai nasional Turki, Turkish Airlines pun, anjing dan kucing disambut dengan baik sebagai penumpang. Namun sang pemilik harus menyiapkan segala dokumen persyaratan yang diperlukan sebelum mengajak mereka terbang. Para hewan peliharaan ini juga membayar tiket normal seperti layaknya manusia.



Simak Video "Anjing Liar Masih Berkeliaran saat WSBK di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya