Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 24 Nov 2022 06:41 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Lusail yang Indah, Tempat Messi Merana

bonauli
detikTravel
Kota Lusail di Qatar
Kota Lusail (Getty Images)
Lusail -

Kota Lusail mendaak menjadi sorotan dunia. Di sanalah Lionel Messi meringis setelah Argentina dikalahkan Arab Saudi.

Lusail adalah kota terbesar kedua di Qatar. Kota ini berada di pesisir bagian selatan kotamadya Al Daayen. Di sanalah letak Lusail Stadium berada, tempat pertandingan Argentina dengan Arab Saudi di babak penyisihan Grup C pada Selasa (22/11/2022).

Dikutip dari situs resminya, Lusail terletak 23 kilometer dari pusat kota Doha. Kota ini berdiri di lahan seluas lebih dari 38 km persegi.

Saat resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar merombak Lusail habis-habisan. Dari dana USD 330 miliar sebagian besar dihabiskan untuk mempercantik Kota Lusail.

Sedikit menengok masa lalu, Tahun 1908 Lusail hanyalah desa di pantai timur Qatar. Area pesisirnya terkenal sebagai bukit berbatu yang terkenal di kalangan pelaut.

Kota Lusail di QatarKota Lusail di Qatar Foto: (Getty Images)

Dulu hanya ada sekitar 50 rumah tanah liat di Lusail. Sebai desa nelayan, ada 9 kapal mutiara, 2 kapal laut dan 3 kapal penangkap ikan, menurut buku karya JG Lorimer yang berjudul Gazzetter of the Persian Gulf.

Kini dengan jumlah penduduk sekitar 200 ribu, Lusail mere-branding kotanya menjadi Smart City dan The City of Football. Kota ini langsung membangun hotel, pulau buatan, tempat wisata dan fasilitas pendukung smart city lainnya.

Bayangkan, gedung-gedung pencakar langit mulai memenuhi kota. Pendar lampu gedung menjadi ganti bintang yang bersinar saat malam tiba. Yang terbaru adalah hotel dengan bentuk bulan sabit yang fenomenal.

Kota Lusail di QatarKota Lusail di Qatar Foto: (Getty Images)

Dari semua tempat, ada Al Maha Island, pesisir Lusail yang menjadi area wisata mewah. Fasilitasnya berupa Nammos Beach Club, Lusail Winter Wonderland sampai luxury dining.

Selain itu ada Lusail Boulevard. Kawasan ini dibangun dengan arsitektur megah dan modern. Berada dekat dengan Lusail Stadium, Lusail Boulevard punya beberapa tempat bermain anak dan orang dewasa, contohnya Wow Entertainment Park.

Kota Lusail di QatarKota Lusail di Qatar Foto: (Getty Images)

Tapi untuk traveler yang mau kenal aktivitas lokal dan budaya Qatar, bisa mampir ke Lusail Boulevard Activation. Selama Piala Dunia 2022, akan ada beberapa pertunjukan lokal, water show, parade mobil, drones dan masih banyak lagi.

Konstruksi masih berlangsung. Lusail rencananya masih akan memiliki marina, resor pulau, kawasan komersial, fasilitas perbelanjaan mewah, pulau buatan manusia dan kawasan hiburan lainnya.

Lihat juga video 'Cedera Horor Yasser Al-Shahrani, 'Si Galak' Peredam Messi Cs':

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dMentor
×
Awas! Gelombang Ganas PHK
Awas! Gelombang Ganas PHK Selengkapnya