Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 01 Des 2022 07:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Seharusnya Seperti Ini Destinasi Wisata Religi di Indonesia

Kuil Wat Prathat Doi Suthep
Kuil Wat Prathat Doi Suthep (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Chiang Mai -

Thailand bisa jadi contoh baik dalam menggarap wisata religi. Di sana, kuil-kuilnya begitu ramai oleh turis mancanegara. Kenapa bisa demikian?

Keterbukaan Thailand membuat semua kalangan bisa masuk ke segala area destinasi wisatanya. Seperti tiada sekat dan turis dari negara mana saja bisa mendekat ke tempat paling sakral, terutama kuil atau wiharanya.

Aturan itu tentu memberikan pengalaman spiritual dan kesan yang berbeda. Namun, tetaplah ada aturan utama yang tidak boleh dilanggar oleh para wisatawan saat masuk ke tempat suci, seperti berpakaian terlalu terbuka hingga larangan memakai alas kaki.

Beberapa waktu lalu, detikTravel mengunjungi beberapa provinsi di Thailand. Aneka kuil kami datangi dengan berbagai bentuk dan keunikan.

Yang bikin kami heran adalah begitu banyak turis asing di sana. Salah satu yang ramai adalah kuil Wat Prathat Doi Suthep di Chiang Mai.

Wat Prathat Doi Suthep di Chiang MaiWat Prathat Doi Suthep di Chiang Mai (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Kuil ini ada di area pucuk Gunung Doi Suthep. Suasana asri dan udara sejuk akan traveler rasakan saat berkunjung di sini.

Suasana seperti itu juga bisa traveler temukan di kuil di Provinsi Udon Thani. Di sana juga ada kuil yang dibangun di atas perbukitan.

Penempatan kuil itu pastilah jadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Bagi orang asing, ke tempat seperti itu seperti berlibur karena fasilitasnya pun lengkap.

Kembali ke Wat Prathat Doi Suthep di Chiang Mai, kuil ini pun istimewa. Pertama, destinasi ini memiliki lift semi vertikal yang jadi daya tarik dengan tarif sendiri dan gratis bila naik tangga hingga atas bukit.

Kuil Wat Prathat Doi SuthepLift semi vertikal di Kuil Wat Prathat Doi Suthep (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Kedua, kuil ini adalah rumah dari mahkota emas murni di atas stupanya. Ketiga, ada skyview di kuil Wat Prathat Doi Suthep di Chiang Mai.

Jadi, di skyview itu traveler bisa melihat seantero Kota Chiang Mai. Spot ini jadi incaran traveler untuk berfoto.

Dan, kuil Wat Prathat Doi Suthep di Chiang Mai juga memiliki tempat bermeditasi untuk semua kalangan. Efek dari semua itu adalah perputaran uang di sana berjalan dengan baik, mulai dari tiket hingga sumbangan.

Sementara, hal demikian sepertinya masih kurang bisa ditemui di Indonesia. Tapi, kita mungkin bisa mempelajarinya.

Masuk ke Kuil Wat Prathat Doi Suthep di Chiang Mai ditarik tiket 30 baht atau Rp 14.000 dan naik lift 20 baht atau Rp 9.000.



Simak Video "Detik-detik Kecelakaan Mobil Horor di Thailand, Tewaskan 11 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA