Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 02 Des 2022 15:31 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengenal Ragam Budaya Islam di Museum of Islamic Art Qatar

Lucas Aditya
detikTravel
Museum of Islamic Art di Doha, Qatar
Museum of Islamic Art. Foto: Lucas Aditya/detikcom
Doha -

Berkunjung ke Doha, Qatar, selama Piala Dunia 2022 juga bisa sembari menambah pengetahuan. Jangan lupa untuk mengunjungi Museum of Islamic Art (MIA).

Bertempat di Corniche, museum ini dekat dengan Fan Festival Piala Dunia 2022. Jam bukanya dari 10.00 pagi waktu setempat sampai pukul 20.00.

Bangunan lima lantai itu sangat estetik. Dibangun di atas pulau reklamasi, pemandangan luarnya pun langsung ke pantai.

Kebudayaan Islam dari seluruh dunia dirangkum oleh MIA. Ada empat lantai untuk galeri pameran, satu lantai lainnya untuk restoran.

Museum of Islamic Art di Doha, QatarMuseum of Islamic Art di Doha, Qatar. Foto: Lucas Aditya/detikcom

Pada lantai pertama, kebudayaan Islam dari Irak yang disajikan. Ada manuskrip golden Quran, juga perencanaan Kota Baghdad kala itu.

Peninggalan kebudayaan Islam di Eropa, tepatnya Andalusia, juga bisa dipelajari di MIA. Peninggalan kerajaan Ottoman, Turki, ada beberapa, salah satunya pakaian pasukan berkuda.

Agar mendapatkan penjelasan yang rinci, bisa juga menyewa tour guide. Sebastian, salah satu pengunjung asal Argentina, mengaku terkesan dengan apa yang didapat dari kunjungannya ke MIA.

Museum of Islamic Art di Doha, QatarMuseum of Islamic Art di Doha, Qatar. Foto: Lucas Aditya/detikcom

"Museumnya mengesankan buat saya. Dari luar sangat indah. Saat anda masuk, jauh lebih indah lagi. Ada banyak hal yang bisa dilihat," kata dia ke detikTravel.

"Ada banyak kesenian dan budaya Islam, karena saya dari Argentina, saya tak punya banyak pengetahuan mengenai hal ini. Ini luar biasa," kata Sebastian lagi.

MIA sudah mulai mengumpulkan koleksi sejak 1980-an. Kebudayaan Asia Tengah, Iran, Mesir, dan India juga ada di sana. Manuskrip Al-Quran, keramik, kain tenun, senjata, sampai karpet ada di sana. MIA adalah salah satu museum kebudayaan islam terlengkap.



Simak Video "Melihat Benda Bersejarah Islam Lewat Seni di Museum of Islamic Art"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA