Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 03 Des 2022 10:32 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Siberia, Daratan Beku Dunia yang Simpan 'Virus Zombie'

bonauli
detikTravel
Permafrost di Siberia
Permafrost di Siberia (Getty Images/iStockphoto/Adrian Wojcik)
Siberia -

Nama Siberia kembali muncul dan jadi perbincangan dunia. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa daratan yang diselimuti es itu punya 'virus zombie'.

Jean-Marie Alempic, seorang ahli mikrobiologi dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis melakukan penelitian terbaru. Dirinya menunjukkan bahwa Siberia menyimpan 13 virus zombie yang bisa menyerang manusia.

Sampel itu ditemukan dalam permaforst, tanah yang membeku dengan suhu nol derajat celsius atau lebih dingin selama dua tahun atau lebih selama berturut-turut.

Diketahui bahwa lapisan permafrost Siberia mulai mencair karena bumi semakin hangat. Ini jadi salah satu dampak dari global warming.

Terlepas dari itu semua, detikTravel ingin mengajak traveler untuk mengenal Siberia dengan lebih dalam.

Siberia merupakan kawasan dengan iklim dingin yang memiliki luas 13 juta kilometer persegi. Dekat Kutub Utara, Siberia mencakup tiga perempat dari wilayah Rusia dan hampir sepuluh persen permukaan tanah bumi.

Siberia dikenal dengan suhunya yang sangat dingin. Selama musim dingin, suhu di Siberia mampu mencapai 70 derajat Celsius. Tak cuma hujan salju, ada juga kepingan salju besar yang berdiameter sampai 12 inci pada tahun 1971.

Namun, saat musim panas, seluruh wilayah Siberia terbilang hangat. Beberapa lokasi di Siberia Barat bahkan mampu mencapai 35 derajat Celsius.

Cuaca ini disebabkan oleh iklim kontinental di daerah tersebut yang ditandai dengan musim dingin yang dingin dan musim panas yang hangat.

Karena iklim yang keras, Siberia menjadi daerah dengan penduduk paling sedikit di bumi. Penduduknya hanya sekitar 7-8 jiwa per mil persegi.

Tapi jangan salah, manusia purba pernah hidup di Siberia. Mereka tercatat ada sejak 125 ribu tahun lalu.

Pada 2010, para arkeolog menemukan tulang manusia milik hibrida dari Denisovan dan Neanderthal di pegunungan Altai Siberia.

Tanah Siberia pun telah lama jadi rumah bagi kelompok pribumi, antara lain Nivkhi, Evenki, dan Buryat.

Siberia jadi kawasan penting dunia, karena memiliki Danau Baikal. Status Danau Baikal adalah danau air tawar terbesar dunia berdasarkan volume. Bagai sumur dunia, Baikal menampung 20 persen air tawar bumi.

Danau Baikal juga jadi yang terdalam di dunia, lho! Kedalaman maksimalnya 1.642 meter dengan luas bentangan hingga 31.722 km persegi.

Kebanggaan lain dari Siberia adalah jalur kereta api terpanjang di dunia. Jaringan kereta api Trans-Siberia yang menghubungkan Moskow dan Vladivostok memiliki panjang hingga 5.771 mil atau 9.288,1 kilometer.

Perjalanan kereta ini bisa menempuh 6 malam dan 7 hari dengan 10 sampai 20 menit berhenti di setiap stasiun.

Kereta api ini terkenal dengan pemandangan menakjubkan di sepanjang rute yang melintasi delapan zona waktu dan mencakup Danau Baikal, hutan birch dan pinus, serta pegunungan Ural.



Simak Video "Lagi! Pesawat Tempur Rusia Jatuh ke Permukiman"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA