Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 04 Sep 2022 14:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

6 Tempat Terdingin di Dunia, Dijamin Beku!

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Jalur trans siberia
Jalur trans Siberia. Foto: (iStock)
Jakarta -

Saat ini suhu bumi telah meningkat. Namun, 6 lokasi ini tetap menjadi tempat paling dingin di dunia. Kira-kira sedingin apa ya?

Berbagai wilayah di dunia kini alami musim panas ekstrem. Banyak yang mengalami kenaikan suhu secara drastis hingga menyebabkan kekeringan.

Namun meski mengalami kenaikan suhu, wilayah-wilayah ini tetap jadi tempat paling dingin di dunia. Dilansir dari newscientist.com, keenam tempat ini tentu bukanlah destinasi berlibur favorit. Akan tetapi, bagi traveler yang penasaran ingin merasakan sensasi dingin yang berbeda, maka 6 lokasi ini bisa menjadi pilihan.

1. Dataran Tinggi Antartika Timur, Antartika

Wilayah ini merupakan tempat paling dingin di dunia. Berdasarkan data yang dikumpulkan Dome Argus dan Dome Fuji antara tahun 2004-2016, suhu di dataran ini bisa mencapai -94°C.

Menjadikannya tempat dengan suhu terdingin di bumi. Namun para peneliti di area tersebut menambahkan bahwa suhu yang dirasakan di kawasan ini bisa lebih dingin dibanding suhu yang tercatat karena udara di sekitar area ini adalah udara kering.

2. Stasiun Vostok Antartika

Bagian lain di Antartika ini menempati tempat terdingin kedua di dunia. Termometer yang terpasang di stasiun penelitian ini pernah mencatat suhu terendah hingga -89,2°C pada Juli 1983.

Jika dilakukan pengukuran kembali, suhunya mungkin saja sudah naik. Namun tampaknya tetap tidak akan jauh dari suhu awal mengingat daerah ini memang daerah yang sangat dingin. Serta merupakan salah satu tempat terkering di dunia.

3. Stasiun Amundsen-Scott, Antartika

Masih di Kutub Selatan, kali ini berasal dari catatan di Stasiun Amundsen-Scott. Hanya berbeda sedikit dengan posisi kedua, termometer di stasiun ini pernah mencatat suhu terdingin hingga -82,8°C pada Juni 1982.

Meski begitu, di stasiun ini juga pernah tercatat suhu tertinggi di Dataran Tinggi Antartika Timur. Pada hari Natal tahun 2011, tercatat suhu di kawasan naik dengan drastis hingga -12,3°C.

4. Denali, Alaska, Amerika Serikat

Denali merupakan puncak gunung tertinggi di Amerika Utara dengan ketinggian lebih dari 6000 mdpl. Suhu rata-rata di kawasan ini adalah -10°C. Tak banyak orang yang berhasil memuncaki gunung ini, salah satunya karena faktor suhu.

Antara tahun 1950-1969, sebuah stasiun cuaca di kawasan ini pernah mencatat suhu terdingin yang pernah dialami Denali, yaitu pada -73°C. Akan tetapi angin dingin di kawasan ini bisa membuat suhu tersebut turun hingga -83,4°C.

5. Stasiun Klinck, Greenland

Stasiun cuaca Klinck merupakan tempat terdingin di Lingkaran Arktik. Stasiun cuaca ini terletak di bagian tengah Greenland. Suhu terdingin yang tercatat adalah -69,6°C. Suhu ini direkam pada bulan Desember 1991.

Meski secara umum suhu Greenland memang dingin. Sayangnya, rekor suhu paling dingin ini tak mempengaruhi cepatnya laju es mencair.

6. Oymyakon, Siberia, Rusia

Tempat ini merupakan tempat terdingin yang memiliki penduduk permanen. Oymyakon merupakan sebuah kota di Rusia dengan jumlah populasi sekitar 500 penduduk.

Suhu paling rendah yang pernah tercatat di kota ini adalah -67,7°C pada tahun 1933. Suhu minimum rata-rata di kota ini selama musim dingin adalah -55°C. Dengan suhu tersebut masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa dan sekolah baru diliburkan jika suhu lebih rendah dari -55°C.

Nah, kira-kira lokasi mana yang bikin traveler paling penasaran sama dinginnya?



Simak Video "Suhu Panas Ekstrem, Lapisan Es Greenland Kini Sering Mencair"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA