Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 23 Des 2022 23:00 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Makam Santa Claus Ditemukan!

Makam Santa Claus
Foto: Makam Santo Nicholas di Turki (ullstein bild via Getty Images)
Demre -

Sekelompok ilmuwan dari Turki mengklaim telah menemukan makam Santo Nicholas, orang suci yang menjadi inspirasi Santa Claus yang identik dengan perayaan Natal.

Lokasi makam Santo Nicholas itu disebut-sebut berada di kota pesisir Demre, yang berada di provinsi Antalya. Para ilmuwan menemukan makam itu sewaktu menggali situs arkeologi di kota Demre.

"Ini adalah penemuan yang sangat penting. Penemuan pertama dari periode tersebut," ujar Osman Eravsar, Chairman Antalya Cultural Heritage Preservation Regional Board, seperti dikutip dari media DHA, Jumat (23/12/2022).

Menurut sejarah, jenazah Santo Nicholas dicuri orang sekitar 700 tahun setelah kematiannya. Atas sebab itulah, lokasi tepat dimana makamnya berada tidak ditemukan, hingga para peneliti dari Turki melakukan penelitian.

Santo Nicholas meninggal pada 6 Desember tahun 343 Masehi. Lokasi dimana dia dimakamkan ternyata termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Basilika dimana dia dimakamkan, kemudian terendam oleh naiknya permukaan laut Mediterania pada Abad Pertengahan. Lalu, gereja lain dibangun di atasnya.

Kota dimana makam itu berada kemudian dikenal sebagai Myra. Sayang, pada tahun 1087, makam tersebut dijarah oleh orang Bari, Italia. Orang itu membawa kabur sebagian besar jenazah Santo Nicholas.

Penggalian terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Turki akhirnya menemukan sisa-sisa ubin dan lantai mozaik dari basilika asli dimana St Nicholas dimakamkan.

"Sekarang kami telah menemukan sisa-sisa gereja pertama dan lantai tempat St. Nicholas dulu melangkah," kata Erav┼čar. Para peneliti berspekulasi bahwa lokasi tempat peristirahatannya tepat berada di bawah lukisan dinding Yesus.

Seperti diketahui, tokoh Santa Claus yang identik dengan Natal ternyata diangkat dari kisah Santo Nicholas yang telah menyumbangkan sebagian besar kekayaannya kepada orang miskin, yang menjadi dasar pemberian hadiah tahunan setiap Natal tiba dari Sinterklas.

Selain itu, Santo Nicholas juga punya mukjizat lain, seperti menyelamatkan tiga gadis dari pelacuran, menebang pohon yang kerasukan setan dan menyelamatkan kapal dari tenggelam dengan berdoa.



Simak Video "Penampilan Santa Claus Hibur Jemaat Anak-anak Gereja Katedral Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
detik Pagi
×
Live Chat Klik Di Sini
Live Chat Klik Di Sini Selengkapnya