Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Sep 2012 18:42 WIB

TRAVEL NEWS

Potret Terindah Negeri Ini Dipajang di Grand Indonesia

Para pemenang Lomba Foto Sadar Wisata 2012 (Putri/detikTravel)
Para pemenang Lomba Foto Sadar Wisata 2012 (Putri/detikTravel)
Jakarta - Keindahan Indonesia telah diabadikan dalam jutaan foto. Mau tahu foto mana yang terbaik, datang saja akhir pekan ini ke Grand Indonesia untuk melihat hasil Lomba Foto Sadar Wisata 2012.

Berbagai cara dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mempromosikan destinasi wisata, salah satunya dengan Lomba Sadar Wisata 2012. Pemenang dengan foto terbaik pun telah terpilih.

"Melalui foto ini, orang-orang yg melihat foto bisa tergerak untuk melihat langsung lokasi foto tersebut," kata Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf, Firmansyah Rahim, dalam acara pengumuman lomba di Fountain Atrium, West Mall Grand Indonesia Shopping Town, Jl MH Thamrin, Jakarta, Jumat (28/9/2012).

Lomba Foto Sadar Wisata 2012 adalah lomba foto yang keempat kali dilakukan sejak 16 Maret-24 Agustus 2012. Ada sekitar 580 peserta dan 2.290 lembar foto yang dikirim. Pada 4 September 2012, dewan juri menetapkan 100 karya foto terbaik.

"Ada banyak tema yang diambil, seperti alam, budaya, humanity," kata Ketua Dewan Juri, Sigit Pramono kepada detikTravel.

Juara satu adalah Henry Lopulalan dari Jakarta dengan judul foto "Makan Bajamba". Dalam fotonya, ditampilkan bagaimana keramaian makan bajamba ala Sumatera Barat yang dilakukan dalam acara Tour de Singkarak 2012.

Juara kedua diterima oleh Ronaldy Irfak asal Jayapura, dengan foto yang berjudul "Papua Penuh Damai". Sedangkan juara ketiga diterima oleh Adhi Prayoga asal Mataram. Untuk fotonya, ia memilih air terjun Tiu Kelep sebagai objek. Masing-masing juara menerima hadiah berupa uang tunai, Rp 20 juta untuk juara 1, Rp 15 juta untuk juara kedua, dan Rp 10 juta untuk juara ketiga.

"Kami berharap dengan lomba foto ke-4 ini semakin meningkatkan kesadaran berpariwisata masyarakat dan juga menggali potensi-potensi wisata yang ada," tambah Sigit.

Lomba Sadar Wisata tahun ini juga memberikan penghargaan khusus untuk pemotret destinasi wisata yang jarang dikunjungi. Ternyata, peminat lomba dengan mengambil objek destinasi yang jarang dikunjungi pun banyak.

"Tahun ini peserta lomba banyak yang mengambil objek destinasi yang jarang kita lihat, sudah menyebar," kata salah satu juri, Ray Bachtiar.

Pemenang pun telah ditentukan, yaitu Irwandi dari Banda Aceh yang mengambil tema "Rutinitas di Pagi Hari", Arfan Aksa dari Makassar dengan judul "Masjid Terapung," dan Deni Yulian dari Jakarta dengan judul foto "Sebening Kaca".

Meski objek foto berupa destinasi yang dikunjungi sudah banyak dipilih orang, ternyata destinasi lain masih banyak dipilih orang. "Bali dan Bromo tetap yang terbanyak," kata Sigit.

Nah, untuk Anda yang ingin melihat langsung keindahan alam Indonesia melalui jepretan kamera, bisa datang langsung ke Fountain Atrium Grand Indonesia. Ada sekitar puluhan foto yang menampilkan keindahan Indonesia.




(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA