Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 25 Okt 2012 09:36 WIB

TRAVEL NEWS

Modal Rp 900 Ribu, Bisa Liburan 3 Hari 2 Malam di Malang

Taman Rekreasi Selecta di Batu, Jawa Timur (Shafa/ detikTravel)
Malang - Kota Malang dan tetangganya, Batu, punya banyak tempat wisata yang wajib didatangi. Untuk liburan puas selama 3 hari 2 malam, ini dia itinerary yang bisa Anda jadikan panduan. Naik kereta dari Jakarta, totalnya Rp 900 ribu saja!

Saat liburan ke Kota Malang, Jawa Timur, sangat disayangkan kalau Anda tidak menyambangi kota tetangganya yakni Batu. Dua kota ini seakan tak terpisahkan untuk sebuah liburan seru. Dihimpun detikTravel, Kamis (25/10/2012), berikut itinerary liburan 3 hari 2 malam di kedua kota tersebut.

Total bujet yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 900 ribu. Tentunya harga ini tentatif, tergantung kondisi dan pilihan akomodasi Anda saat berlibur. Asumsinya, Anda berangkat dari Jakarta menggunakan kereta. Asumsi selanjutnya, waktu liburan Anda adalah di akhir pekan. Di waktu berbeda, harga tiket keretanya pun bisa lebih murah atau lebih mahal.

Inilah itinerary untuk 3 hari 2 malam di Malang dan Batu. Selamat liburan!

Hari 1: Jumat

Berangkatlah sejak hari Kamis dari Stasiun Pasar Senen dengan kereta ekonomi Matarmaja, harga tiketnya Rp 51.000. Kereta berangkat pukul 14.00 WIB dan tiba di Malang pada Jumat pagi pukul 07.41 WIB. Kemudian, bertolaklah ke Griya Santa Blok H di Terusan Jalan Permata.

Inilah tempat Anda sarapan Nasi Pecel Madiun Bu Siti. Nasi pecel ini tersohor di seluruh Malang, juga dikenal para wisatawan. Buka pukul 06.00-09.00 WIB, Anda cukup merogoh kocek Rp 15.000 saja untuk seporsi pecel madiun.

Setelah itu, beranjaklah ke Jl Mojopahit No 2-4 untuk check in di hotel Splendid Inn. Persis di samping Balai Kota Malang, hotel ini sangat strategis. Anda bisa langsung melihat Monumen Tugu yang terkenal, juga Balai Kota Malang yang indah. Harga per malamnya mulai dari Rp 211.000. Dibagi dua jika pergi berdua, jadi Rp 105.000 untuk kenyamanan tidur malam ini.

Beranjak siang, kunjungilah Pasar Splendid yang dekat dengan hotel. Ini adalah pasar flora dan fauna yang jadi tujuan wisatawan di Malang. Waktunya makan siang, beranjaklah ke Jl Irian Jaya (Pasar Comboran) untuk makan Orem-orem Pak Tik. Kuliner ini merupakan potongan tahu dan tempe yang diberi kuah santan kental. Buka pukul 08.00-16.00 WIB, satu porsi hanya Rp 4.000 saja!

Habiskan sore dengan jalan-jalan di seputar Alun-alun, Masjid Agung Jami Kota Malang, Ramayana, Sarinah, juga melihat restoran Toko Oen yang sudah ada sejak zaman kolonial. Anda boleh mencoba eskrim di sini yang terkenal khas, Rp 13.000 per scoop. Tapi, sekadar lewat dan memotret bagian depan restorannya juga tak apa-apa!

Untuk makan malam, cicipilah Soto Sempu di Jl Sempu. Tempat makan ini buka pukul 16.00-24.00 WIB. Harga per porsinya sangat terjangkau, Rp 6.000 saja. Kalau sudah kenyang, kembalilah ke hotel untuk beristirahat. Oh ya, anggarkan sekitar Rp 100.000 untuk biaya transportasi hari ini ya!

Hari 2: Sabtu

Bangunlah lebih pagi dari biasanya untuk berbenah, karena setelah makan siang, Anda akan langsung menuju Kota Batu. Pagi hari, cobalah icip Rawon Campur Nguling di Jl Zainal Arifin No 62. Ini adalah salah satu sarapan favorit warga Malang. Tempat makan ini buka mulai pukul 07.00-15.30 WIB, dengan harga Rp 16.000 per porsinya.

Perut sudah terisi, saatnya beranjak ke Jl Ijen untuk mengunjungi Museum Brawijaya. Harga tiket masuknya sangat murah, hanya Rp 2.500 saja. Setelah keliling museum, beranjaklah ke Jl WR Supratman C1 Kav 13-14 untuk makan Bakso Cak Man. Bakso khas Kota Malang ini dihitung per bakso, Rp 1.000-1.500. Taruhlah bujet makan siang Anda sekitar Rp 15.000.

Kembali ke hotel, saatnya check out. Untuk menuju Kota Batu, Anda harus berangkat dari Terminal Bus Arjosari. Naiklah bus jurusan ADL kemudian turun di Terminal Landung Sari. Dari Landung Sari, ada banyak pilihan angkutan umum ke Batu. Bus Puspa Indah misalnya (sekitar Rp 15.000), jurusan Kota Jombang, bisa dipilih untuk kemudian berhenti di Terminal Pasar Batu.

Bertolaklah ke Jl Dr Sutomo No 4 untuk check ini di Jonas Homestay. Hotel ini adalah salah satu akomodasi favorit traveler. Harga per malamnya sangat murah, mulai dari Rp 60.000 saja. Dibagi dua orang, Anda hanya merogoh kocek Rp 30.000 per malam.

Hari beranjak sore, saatnya mengunjungi Batu Secret Zoo di Jatim Park 2. Harga tiket masuknya Rp 65.000 per orang. Agak mahal memang, tapi Anda pasti puas melihat kebun binatang yang ditata apik ini. Untuk makan malam, bertolaklah ke Jl Raya Mojorejo No 99 untuk melahap Cwie Mie Malang. Harganya Rp 30.000 per porsi.

Malam hari, udara semakin dingin. Kembalilah ke hotel untuk istirahat dan bangun pagi hari. Jangan lupa bujet transportasi hari ini, sekitar Rp 150.000 karena Anda melakukan perjalanan dari Malang ke Batu.

Hari 3: Minggu

Bangunlah lebih pagi untuk mencicipi pecel legendaris di Kota Batu, yaitu Pecel Kawi. Lokasinya di Jl Kawi Atas No 43b/46. Tempat makan ini buka mulai pukul 05.30 WIB. Harga seporsi pecelnya Ro 15.000.

Sehabis sarapan, beranjaklah ke Taman Rekreasi Selecta di Desa Tulungrejo. Harga tiket masuknya Rp 15.000. Taman bunga ini sangat indah, apalagi saat pagi menjelang siang.

Eits, tapi jangan kebablasan. Anda harus tiba di Stasiun Kereta Malang sebelum pukul 15.00 WIB. Kereta ekonomi Matarmaja tersedia dengan harga tiket Rp 51.000, berangkat pukul 15.00 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pada Senin pukul 09.01 WIB. Anggarkan biaya transportasi untuk hari terakhir ini sekitar Rp 150.000.

Nah, itulah itinerary selama 3 hari 2 malam di Kota Malang dan Batu. Kalau ditotal bujetnya Rp 882.000, dibulatkan menjadi Rp 900.000. Ingat, bujet ini masih tentatif. Traveling dengan lebih banyak orang, bujetnya pasti lebih murah karena bisa patungan akomodasi.

Kalau lebih mewah, Anda juga bisa naik pesawat dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Abdul Rachman Saleh. Lebih cepat, namun budget jalan-jalan Anda membengkak sekitar Rp 1 juta. Silakan pilih mana yang disuka.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA