Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Feb 2013 08:08 WIB

TRAVEL NEWS

5 Destinasi Asyik untuk Solo Traveling di Indonesia

Putri Rizqi Hernasari
Redaksi Travel
Malioboro (Fitraya/detikTravel)
Malioboro (Fitraya/detikTravel)
Jakarta - Merasakan traveling yang asyik tidak harus selalu ramai-ramai dengan teman. Bepergian sendiri juga tak kalah mengasyikkan. Anda bisa lebih bebas berkelana menikmati atmosfer destinasi tujuan, seperti di 5 tempat ini.

Dikumpulkan detikTravel, Rabu (27/2/2013) inilah 5 destinasi asyik untuk solo traveling di Indonesia:

1. Yogyakarta, DIY

Kota pertama yang asyik untuk dikunjungi solo traveler adalah Yogyakarta. Kota Gudeg ini memiliki banyak destinasi menarik. Anda pun tidak harus bersama teman untuk mengunjunginya, karena sendiri tetap seru.

"Yogya karena akses sudah mudah sekali, orang pun ramah," kata penulis sekaligus travel writer, Asma Nadia kepada detikTravel, Selasa (26/2/2013).

Beberapa tempat itu adalah Taman Sari, Jalan Pathuk, Malioboro, dan Pasar Beringharjo. Di Taman Sari, Anda bisa melihat kolam pemandian yang dulu dijadikan tempat berkumpulnya selir sultan. Pindah ke Jalan Patuk, di sinilah 'pabrik' bakpia patuk, oleh-oleh khas Yogyakarta. Anda bisa langsung melihat tempat pembuatan bakpia, sekaligus membeli bakpia yang masih hangat. Yummy!

Tak jauh dari Jalan Pathuk, langkahkan kaki Anda ke Malioboro. Inilah 'jantung' Kota Yogya. Hampir seluruh turis tak pernah melewatkan Malioboro dari agenda perjalanannya. Malioboro diisi jejeran kios yang menjual aneka barang, mulai dari baju batik hingga aksesori.

Masih di kawasan Malioboro, ada Pasar Beringharjo yang begitu terkenal. Masuk ke dalam, Anda bisa melihat ada banyak kios yang menjual aneka barang, terutama batik. Lebih asyik lagi, harga barang yang dijual cukup miring. Karena traveling sendiri, jadi bisa belanja sepuasnya dan semau Anda.

2. Pecatu, Bali

Memang banyak traveler yang datang ke Bali secara berkelompok. Tapi siapa bilang kalau traveling sendirian ke Bali tidak asyik? Nyatanya, masih banyak tempat yang asyik dikunjungi sendiri.

"Bali juga begitu (cocok untuk solo traveling-red). Yang penting infrastrukturnya sudah baik untuk ke destinasi itu, maka tempatnya bisa buat solo traveling," kata Asma Nadia.

Salah satunya adalah Pantai Pecatu. Kawasan ini terkenal sepi dan belum ramai dikunjungi turis. Datang ke pantainya, Anda bisa menikmati waktu yang lebih pribadi.

Segera pasang kacamata hitam Anda, ambil buku bacaan dan nikmati waktu berjemur. Nikmati belaian lembut angin pantai yang menyentuh tubuh. Lupakan keramaian kota, dan jernihkan pikiran di Pecatu.

3. Wonosobo, Jawa Tengah

Destinasi lain yang juga asyik untuk dikunjungi para solo traveler adalah Wonosobo di Jawa Tengah.

"Wonosobo menarik buat solo traveling, hening, konsentrasi," kata penulis sekaligus travel writer, Gol A Gong kepada detikTravel, Senin (25/2/2013).

Menurutnya, Wonosobo memiliki suasana yang cocok untuk dikunjungi orang Jakarta. Di sana, Anda bisa terbebas dari keramaian kota dan pas untuk merenung.

"Orang Jakarta itu paling bagus Wonosobo, ke gunung, ada kulinernya juga," lanjut Gol A Gong.

Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi traveler ketika liburan ke Wonosobo adalah Dataran Tinggi Dieng. Tempat ini punya banyak atraksi wisata yang menarik, seperti gua, arca, Telaga Warna, candi, hutan, kawah belerang, dan lain lain.

4. Bandung, Jawa Barat

"Bandung bagus untuk solo traveling," kata Gol A Gong, travel writer kepada detikTravel.

Ibukota Jawa Barat ini selalu ramai dikunjungi solo traveler.

"Kota di Indonesia yang asyik untuk solo traveling pemula itu yang ramai, meriah dan atraktif," papar Gol A Gong.

Untuk traveler asal Jakarta, Bandung juga jadi destinasi yang tepat karena tak bergitu jauh dari Ibukota. Ada banyak jalan menuju destinasi ini, mulai dari pesawat, kereta hingga bus.

Berbagai kegiatan seru pun traveler lakukan selama liburan di sana. Untuk Anda yang senang shopping, datanglah ke Jl RE Martadinata (Riau).

5. Belitung

"Dalam negeri, Belitung view-nya oke," kata mantan pembawa acara traveling salah satu televisi swasta, Marischka Prudence kepada detikTravel.

Memang benar, Bumi Laskar Pelangi ini punya banyak destinasi menarik. Pantai-pantai di Belitung akan membawa setiap traveler bagai di negeri dongeng.

Ada banyak batu-batu besar terhampar di pinggir pantainya. Laut biru juga terbentang luas di sana. Pantai di Belitung semakin cantik karena dipayungi awan-awan putih.

Salah satu pantai yang paling terkenal di sana adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini pernah dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Anda pun bisa meniru salah satu adegan yang ada di sana.

Langkahkan kaki Anda melalui lorong-lorong yang terbentuk dari bebatuan besar. Temukan pantai luas yang tersembunyi di balik bebatuan ini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen lewat jepretan kamera.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED