Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Mei 2013 12:51 WIB

TRAVEL NEWS

Lucu, Kucing Jadi Kepala Stasiun di Jepang

detikTravel
Tama, si penyelamat Stasiun Kishi (Takobou/Wikicommons)
Kinokawa - Para traveler yang suka naik kereta, harus datang ke Kinokawa di Jepang. Stasiun di Kinokawa dipimpin oleh seekor kucing lucu, bukan manusia! Bahkan bangunan Stasiun Kinokawa juga tampak mirip kucing.

Sekitar 30 menit dari pusat Kota Wakayama di tenggara Jepang, ada sebuah pedesaan yang tenang, bernama Kinokawa. Dilansir dari CNN Travel, Senin (27/05/2013), stasiun ini lebih sering dikunjungi oleh anak-anak di bawah 12 tahun. Para wisatawan mungkin tidak tahu apa yang menarik untuk dilihat atau dilakukan di Kinokawa, yang mereka inginkan hanyalah berkunjung ke Stasiun Kishi.

Untuk menuju ke sana, wisatawan hanya perlu naik kereta dari Wakayama ke Stasiun Kishi di pinggiran kota sejauh 14 kilometer. Mereka datang ke sini sebenarnya hanya untuk dapat berfoto dengan kepala stasiun kereta yang merupakan seekor kucing calico bernama Tama.

Sebuah loket tiket sudah dimodifikasi menjadi kantor Tama, dan menjadi tempatnya untuk tidur. Tama sendiri mendapat bayaran dengan makanan kucing yang tidak terbatas.

Sekilas Tama sama seperti kucing lainnya di daerah tempat dia tinggal. Hal yang membedakannya adalah karena Tama berhasil 'menyelamatkan' stasiun dari kehancuran finansial. Nankai Electric Railway yang mengelola rute tersebut ditutup pada 2004 karena kesulitan finansial yang mengakibatkan rute perjalanan itu ditutup. Kemudian Wakayama Electric Railway mengambil alih jalur Kishigawa.

Salah satu cara untuk merevitalisasi stasiun, pada 2007 Wakayama Electric Railway mengadopsi Tama -seekor kucing liar yang diadopsi oleh manajer stasiun- untuk diangkat sebagai kepala stasiun.

Lengkap dengan topi dan lencana kepala stasiun, Tama segera mencuri perhatian para wisatawan dan menjadi terkenal sebagai maskot stasiun. Sejak penunjukkannya pula, stasiun mengalami pertumbuhan wisatawan yang datang untuk melihat Tama. Hal yang paling penting dari semua itu adalah perekonomian penduduk di sekitar stasiun ikut terangkat.

Stasiun Kishi saat ini memiliki sebuah kafe bertema Tama, serta menjual berbagai macam cinderamata seperti pulpen, stapler, dan perlengkapan seragam Stasiun Kishi. Kelucuan Tama memang menjadi daya tarik tersendiri. Makanya kafe tersebut didesain dengan bangunan berbentuk kucing, dan atribut yang berbau kucing.

Wakayama Electric Railway sekarang juga mengoperasikan tiga kereta dengan tema yang lucu, yaitu kereta strawberry, kereta Tama, dan kereta mainan.

Ada juga seekor kucing lain yang bertugas dan tidak kalah lucunya untuk menggantikan Tama bekerja. Kucing tersebut bernama Nitama. Nitama menggantikan Tama pada saat akhir pekan. Jam kerja mereka mulai pukul 10.00 sampai 14.00 waktu setempat.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA