Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Okt 2014 16:51 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Lihat Sunrise di Borobudur Seperti Bos Facebook? Ini Caranya

Afif Farhan
detikTravel
Suasana sunrise di Candi Borobudur (Hotel Manohara)
Magelang - Mark Zuckerberg belum lama memposting foto dirinya sedang memandangi matahari terbit yang cantik di Candi Borobudur. Bagi traveler yang mau merasakan pengalaman seperti yang dirasakan bos Facebook tersebut, begini caranya!

Sunrise di Candi Borobudur tentu berbeda dengan sunrise di tempat lain. Hati bakal dibuat takjub, ketika melihat perpaduan pemandangan Sang Surya menampakan diri dan cahayanya menyinari stupa-stupa dan relief-relief di candinya.

Mark Zuckerberg, salah satu orang terkaya di dunia pun belum lama membuktikan keindahan sunrise di Candi Borobudur. Dari foto yang diposting di laman Facebook pribadinya, menampilkan dirinya sedang duduk memandangi matahari terbit. Akun Facebook lain dari seluruh dunia lantas memberikan puji-pujian.

Tenang saja, traveler manapun bisa melihat sunrise di Candi Borobudur. Caranya adalah dengan mengikuti paket tur 'Borobudur Sunrise' dari Hotel Manohara.

"Hotel Manohara adalah satu-satunya yang menawarkan paket tur melihat sunrise di atas Candi Borobudur," ujar Manager Marketing Hotel Manohara, Gonik Sri Sumarni kepada detikTravel, Selasa (14/10/2014).

Hotel Manohara masuk dalam Komplek Taman Wisata Candi Borobudur yang berada di Jl Badrawati Borobudur, Magelang. Untuk melihat sunrise di atas candi Budha terbesar di dunia tersebut, ada harga yang berbeda untuk turis mancanegara dan turis domestik.

"Turis mancanegara biayanya Rp 380 ribu dan untuk turis lokal Rp 250 ribu. Sedangkan bagi tamu yang bermalam di Hotel Manohara ada harga khusus yakni Rp 230 ribu. Harganya berlaku sampai 31 Desember 2014," papar Gonik.

Gonik menambahkan, biaya itu sudah termasuk senter, snack dan suvenir. Perjalanan dimulai pukul 04.30 WIB untuk mendaki Candi Borobudur dan langsung menuju bagian puncak di sisi timurnya.

"Pemandangan sunrise terlihat bagus-bagusnya itu sekitar pukul 05.15 WIB. Melihat matahari terbit di sana itu rasanya berbeda, karena suasana yang sangat tenang dan udara yang segar. Gunung Merbabu dan Gunung Merapi juga terlihat jelas," ungkapnya.

Gonik menegaskan, tidak ada hotel atau operator lain yang menawarkan paket wisata melihat sunrise di Candi Borobudur selain Hotel Manohara. Sebenarnya, Anda juga bisa melihat sunrise cantik dengan pemandangan Candi Borobudur dari Punthuk Setumbuk yang dikelola desa-desa wisata di sekitar kawasan candinya.

"Kalau dari Punthuk Setumbuk, matahari itu seolah keluar dari Candi Borobudur. Namun pemandangan langsung dari atas candinya juga tak kalah bagus karena momennya yakni menyaksikan langsung dari atas candi," pungkas Gonik.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA