PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) sekarang lagi rajin mempromosikan wisata naik kapal laut. Mereka sedang menggaungkan Let's Go Anambas untuk menarik wisatawan jalan-jalan naik kapal laut ke Anambas.
Sebelumnya Pelni sudah meluncurkan dua program wisata bahari Let's Go Wakatobi dan Let's Go Raja Ampat pada akhir tahun 2014 nanti. Kini ada pula Let's Go Anambas.
"Setelah itu nanti akan kita kembangkan yang di daerah Kepulauan Anambas. Ini memang masih ujicoba, karena kabarnya banyak potensi wisata di daerah ini yang bisa dikembangkan," kata Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia, Sulistyo Wimbo Hardjito.
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Konsepnya nanti yakni kapal Pelni akan menjadi hotel terapung sebagai solusi untuk persoalan aksesibilitas dan akomodasi yang selama ini menyulitkan turis menjangkau pulau-pulau. Kemudian, Pelni akan kerjasama dengan operator tur setempat di Anambas untuk membuat paket tur murah.
Yang akan dijual nantinya adalah objek-objek wisata bahari. Potensi itu memang sangat melimpah di Indonesia tapi ironisnya selama ini terabaikan lantaran sulit diakses. Wimbo berujar, kemungkinan paket di Anambas akan seperti di Wakatobi dan Raja Ampat.
Dengan membayar paket sejumlah tertentu, wisatawan bisa mendapatkan penginapan, makan, pemandu tur, aktivitas snorkeling, diving dan banyak lagi.
Kapal yang akan digunakan nantinya adalah KM Bukit Raya, yang selama ini memang sudah berlayar ke Anambas. Rute kapal ini dari Tanjung Periuk-Surabaya. Biasanya di Anambas hanya bersandar sekitar 1-2 jam.
Namun nantinya akan dijadwalkan pada masa-masa port stay, kapal bisa berlabuh beberapa hari kepulauan itu. Untuk jalan-jalan ke pulau, pakai speedboat atau sekoci. Dia menargetkan paket wisata ke Anambas bisa dimulai tahun depan.
"Tujuan paket ini adalah sosialisasi soal wisata Anambas. Memang target saya tidak hanya menjadikan Pelni sebagai transportasi tapi juga untuk wisata," tutur mantan Direktur Komersial PT KAI itu.
(aff/aff)










































