Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Jan 2015 10:19 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan Sendiri atau Ramai-ramai, Mana yang Paling Asyik?

Afif Farhan
detikTravel
Ilustrasi (Thinkstock)
Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Masa remaja adalah masanya berteman dengan banyak orang. Tapi untuk soal liburan, para ABG tak sedikit yang memilih lebih asyik melakukannya sendiri atau bersama teman-teman. Keduanya tak masalah, tapi ada plus minusnya.

Traveler yang masih remaja memiliki rasa ingin tahu yang membuncah. Ingin bertualang ke banyak tempat tersembunyi atau mencicipi pengalaman yang mewah. Sebelum itu, jika ditanya asyiknya liburan sendiri atau ramai-ramai, yang mana yang enak ya?

"Enaknya sih ramai-ramai, pasti lebih seru," kata Agung, salah satu traveler asal Jakarta yang masih berusia 18 tahun kepada detikTravel, Kamis (15/1/2015).

Agung melanjutkan, traveling dengan teman pun memudahkan diri sendiri. Sebab, jika kesulitan di jalan pasti ada yang membantu. Serta, traveling ramai-ramai melatih kekompakan.

"Juga bisa lebih tahu sifat-sifat teman yang sebenarnya. Lagipula, liburan sendirian apalagi masih remaja terlalu bahaya," ucap Agung.

Hal itu juga disampaikan Adinda, salah satu mahasiswa di salah satu perguran swasta di Jakarta. Bukan tanpa sebab, dirinya merasa aman jika traveling ramai-ramai bersama teman.

"Khusus bagi wanita, ya merasa aman itu travelingnya sama teman-teman. Memang asyik sih ramai-ramai, bisa jadi 'gank traveling' juga," tutur wanita berkulit putih itu.

Perbedaan pendapat, disampaikan Rio yang merupakan siswa Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta. Dia mengaku, sudah traveling sendirian ke destinasi di Yogyakarta dan sekitarnya. Lalu merasa, tak masalah kalau ke mana-mana sendiri.

"Saya bisa belajar mandiri, misalnya bangun harus sendiri, ngurusin biaya sendiri dan atur waktu sendiri agar perjalanan maksimal. Bukannya sombong ya," ungkapnya.

Lanjut Rio, salah satu keuntungan dengan traveling sendirian adalah tidak ada yang mengatur-atur dan bebas menentukan waktu. Itu, membuat perjalanannya makin maksimal.

Baik traveling beramai-ramai atau sendirian, selalu ada plus minusnya. Tinggal kamu sendiri yang menetukan. Atau mungkin, mau coba keduanya dulu agar bisa menilainya sendiri?

Selamat traveling!

(shf/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED