Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Mar 2015 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Nama-nama Negara dengan Julukan yang Unik

Afif Farhan
detikTravel
Tembok China (Kurnia/detikTravel)
Jakarta -

Beda negara, beda pula julukannya. AS misalnya disebut Uncle Sam atau Negeri Paman Sam dan Jepang adalah Land of the Rising Sun alias Negeri Matahari Terbit. Kalau nama julukan negara-negara berikut ini, menurut Anda unik tidak?

Situs Skyscanner pernah melansir aneka julukan negara di dunia. Ada 40 daftar negaranya, namun hanya beberapa saja yang terbilang unik. Tentu, ada sejarah di balik julukan-julukannya.

Seperti yang detikTravel longok di situs Skyscanner, Kamis (11/3/2015) di kawasan Eropa terdapat empat negara yang punya julukan unik, yakni Italia, Swiss, Finlandia dan Islandia. Tahukah Anda, Italia disebut The Boot karena kontur negaranya yang memang mirip dengan sepatu boot.

Sedangkan Swiss disebut Land of Milk and Honey, sebab negara tersebut punya susu dan madu yang kualitasnya nomor satu di Eropa. Untuk Finlandia, julukannya adalah The Thousand Lakes karena mempunyai 188 ribu danau. Sedangkan Islandia, dikenal sebagai Land of Fire and Ice yang negaranya dikenal dingin, tapi di kawasan utaranya punya gunung berapi yang tak pernah berhenti memuntahkan lava.

Kawasan Amerika Latin, Venezuela punya sebutan The Land of Grace yang berarti tanah yang diberkati. Sejarahnya, itulah kata yang pertama kali keluar dari penjelajah Christopher Columbus saat berlabuh di sana pada tahun 1498. Venezuela punya lanskap alam yang sangat mempesona, dari Angel Falls yang merupakan air terjun tertinggi di dunia sampai kepulauan Los Roques yang penuh terumbu karang.

Satu lagi adalah Guyana, tetangga dari Venezuela. Negeri mungil ini dijuluki The Land of Many Waters karena banyak negaranya dilewati banyak sungai.

Di Asia, Tiongkok dan Bhutan punya julukan yang tak jauh beda yakni The Red Dragon dan Land of The Thunder Dragon. Dalam mitologi China, naga merupakan mahluk mitologi yang melambangkan kekuatan dan kekuasaan.

Indonesia sendiri dikenal dengan The Emerald of the Equator alias zamrud khatulistiwa. Menariknya, dari sekian banyak negara yang dilalui garis imajiner tersebut, hanya Indonesia saja yang menggenakan nama ekuator itu.

Beralih ke kawasan Timur Tengah, tahukah Anda kalau Lebanon punya Julukan Switzerland From The East. Ternyata, Lebanon punya beberapa resor ski yang sama seperti di Swiss. Serta usut punya usut, cadangan emas di bank-bank Lebanon adalah terbesar kedua setelah Swiss.

Terakhir di Afrika, negara Lesotho memiliki julukan The Kingdom In The Sky. Negaranya memang berkontur pegunungan tinggi sehingga jika datang ke sana, seolah berada di atas awan. Kemudian Afrika Selatan, dijuluki Rainbow Nation karena keanekaragaman etnis dari negara-negara Afrika dan Eropa yang menetap di sana sejak ratusan tahun silam.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA