Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Sep 2015 14:55 WIB

TRAVEL NEWS

Wajib Tahu! Ini Dia 10 Museum Terbaik di Indonesia

Faela Shafa
detikTravel
(TripAdvisor)
Ubud -

Siapa bilang museum identik dengan suasana sepi dan display yang membosankan. Jauh dari itu semua, berikut 10 museum terbaik di Indonesia.

Museum yang termasuk salah satu objek wisata yang jarang diminati oleh traveler Indonesia. Eits, tapi masuk ke museum-museum ini dijamin takkan bosan. Ditengok dari rilis TripAdvisor, Selasa (15/9/2015), inilah 10 museum terbaik yang ada di Indonesia dalam hitungan mundur.

10. Museum Affandi, Yogyakarta



Berada di Jl Raya Yogyakarta-Solo, Museum Affandi berdiri dengan anggunnya. Di sinilah jiwa dan karya seniman kenamaan Affandi bisa dilihat melalui benda peninggalan dan lukisannya.

Dibuka sejak tahun 1974, wisatawan bisa melihat lukisan karya Affandi dari awal karir hingga akhir hayatnya. Museum yang terbagi dalam 3 area ini menampilkan karya Affandi yang kuat dan bermakna dalam.

9. Museum Bank Indonesia, Jakarta



Di posisi kesembilan ada perwakilan dari Jakarta yaitu Museum Bank Indonesia. Dianggap menarik karena memiliki segala aspek seperti informasi, benda pameran yang mumpuni dan alat peraga yang berteknologi.

Orang dewasa bisa membaca sejarah keuangan di Indonesia dari zaman dahulu kala dengan melewati ruang antar ruang. Sementara anak-anak bisa menikmati permainan edukatif beberapa area tertentu.

8. Museum House of Sampoerna, Surabaya



Melangkah ke Surabaya, ada Museum Sampoerna yang menawarkan sejarah awal mula Kretek dari merk Sampoerna. Tak semata tentang kretek, tapi juga termasuk sejarah dari keluarga Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna.

Display yang disajikan begitu klasik sehingga menarik perhatian para pengunjung. Tak sedikit dari para pengunjung yang masuk dan langsung berfoto-foto karena benda pamerannya yang unik.

7. Museum Don Antonio Blanco, Ubud



Di posisi ketujuh ada Museum Don Antonio Blanco yang merupakan seorang pelukis. Dikenal dengan karyanya seorang wanita bali, Blanco menjadikan istrinya yang seorang penari Bali sebagai modelnya.

Beragam karya dan ruang seni tertata dengan rapi di dalam bangunan yang Bali banget. Nuansa hijau dari pekarangan dan area terbuka yang begitu sejuk membuat wisatawan kadang tak sadar sedang berada di museum.

6. Museum Puri Lukisan, Ubud



Masih di Ubud, kali ini adalah Museum Puri Lukisan yang merupakan museum seni tertua di Bali. Karya yang dipajang di sini adalah lukisan tradisional modern Bali dan seni pahat kayu.

Di sinilah semua seni terbaik di Bali berkumpul. Umur lukisannya pun tak main-main, ada yang dari tahun 1930.

5. Museum Seni Neka, Ubud



Di posisi tengah yaitu kelima, ada Museum Seni Neka di Ubud. Nama museumnya terinspirasi dari nama seorang guru asal Bali yaitu Suteja Neka. Ialah yang mengumpulkan aneka lukisan dari pelukis terkenal yang menorehkan karya di Bali atau tentang Bali.

Melihat pertama akali, museum ini terlihat seperti rumah tradisional Bali yang asri. Gapura berwarna oranye dengan ukiran khas Bali menyambut di pintu amsuk. Saat masuk ke dalam, bersiaplah terlena dengan aneka lukisan yang kuat nuansa Bali.

4. Museum Pasifika, Nusa Dua



Di Nusa Dua, ada Museum Pasifika yang mengumpulkan segala perbedaan dari suku yang ada di Asia Pasifik. Dengan benda pajangan seni yang begitu beragam, rasanya takkan habis menjelajah museum ini.

Ada 11 paviliun yang bisa ditelusuri. Mulai dari Indonesia, Indochina, Indo-Eropa sampai Polynesian. Seni yang begitu banyak, latar belakang suku yang begitu menarik, membuat museum ini berada di posisi keempat dalam daftar terbaik se-Indonesia.

3. Ullen Sentalu, Yogyakarta



Ullen Sentalu di Sleman, Yogyakarta menjadi pembuka di daftar 3 besar museum terbaik di Indonesia. Museum yang sangat ayu dan asri ini menawarkan sejarah seni dan budaya dari Yogyakarta.

Dalam komplek yang seperti rumah, wisatawan diajak menyelam dalam sejarah seni dan budaya Jawa seperti Yogyakarta, Pakualam, Solo dan Mangkunegaraan. Takkan hilang fokus, karena wisatawan yang masuk ke dalam tidak diperbolehkan memegang ponsel.

2. Museum Batik Danar Hadi, Solo



Dari Yogyakarta ke Solo, posisi kedua ditempati oleh Museum Batik Danar Hadi. Jawa memang identik dengan karya seni salah satu yang terkuat adalah batik. Danar Hadi yang merupakan salah satu seniman batik tersohor pun membuat museumnya.

Di sini wisatawan bisa melihat beragam kain batik dengan motif dari zaman ke zaman. Batik yang dibuat dengan canting dan warna yang murni membuat siapa saja akan terhipnosis melihat kain-kain di sini.

1. Museum Seni Agung Rai, Ubud



Posisi pertama di daftar museum terbaik di Indonesia adalah Museum Senin Agung Rai atau yang disingkat menjadi (ARMA). Ini bukanlah sekadar museum karena ada juga pusat seni budaya yang menjadi wadah terjaganya budaya Bali.

Koleksi yang disajikan di sini mulai dari zaman sebelum perang, sampai masa modern. Beberapa seniman yang memiliki karya di sini adalah Willem Gerard Hofker, Rudolf Bonnet dan Willem Dooijewaard. Wisatawan juga bisa melihat pertunjukan teater, tarian, hingga kelas musik di sini.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA