Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Okt 2015 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Begini Penampakan Bumi Jika Tanpa Lautan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Penampakan permukaan bumi tanpa lautan (University of Sydney)
Sydney -

Pernahkah Anda membayangkan bentuk bumi tanpa adanya lautan? Sekelompok ilmuwan dari Sydney berhasil membuat peta digital yang memperlihatkan bentuk asli planet ini jika lautan mengering. Seperti apa?

Baru-baru ini sekelompok peneliti dari Departemen Geosains Universitas Sydney, Australia merilis gambar penampakan permukaan planet bumi jika seandainya tidak ada lautan. Dilihat detikTravel dari situs resmi Universitas Sydney, Rabu (7/10/2015), planet bumi tampak seperti sebuah planet alien!

(University of Sydney)

Dalam peta digital tersebut, diberikan keterangan bagaimana cara untuk membaca petanya. Setiap warna yang ada di dalam peta melambangkan lapisan elemen tertentu, contohnya warna kuning untuk pasir, oranye untuk lapisan silt, serta cokelat untuk tanah liat. Masih banyak warna lainnya yang melambangkan terbuat dari elemen apa permukaan bumi tersebut.

Dr Adriana Dutkiewicz sebagai peneliti utama proyek ini, menyatakan bahwa pembuatan peta digital permukaan bumi penting untuk memahami perubahan iklim dengan lebih baik.

"Untuk memahami perubahan iklim yang terjadi di lautan, kita sebaiknya harus tahu apa yang tersimpan di dalam catatan geologis permukaan dasar laut," ujar Adriana.


(University of Sydney)

Peta digital ini juga membantu para peneliti untuk memahami cara kerja dan sejarah bagaimana siklus karbon bermula. Bahkan beberapa spekulasi mengatakan bahwa peta tersebut juga akan sangat membantu untuk kegiatan eksplorasi pengeboran minyak.

Traveler yang penasaran bisa langsung berkunjung ke situs resmi Universitas Sydney untuk melihat peta digital tersebut. Selama ini kita hanya tahu lautan itu indah, namun permukaan dasar lautnya ternyata menyimpan misteri tersendiri yang belum terpecahkan oleh para ilmuwan.

(rdy/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA