Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Apr 2016 17:05 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Naik ke Puncak Monas di Malam Hari, Tiketnya Terbatas

Afif Farhan
detikTravel
Monas yang terlihat di malam hari (Raden Siswo/dTraveler)
Jakarta - Dengan wisata malam Monas, kita bisa naik ke atas puncak Monas dan melihat panorama Jakarta kala malam dari ketinggian. Ingat, tiketnya terbatas ya.

Selama ini wisatawan hanya bisa naik ke puncak Tugu Monas dari pukul 08.00-16.00 WIB. Tapi mulai hari ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan meresmikan wisata malam Monas. Jam buka Monas pun berubah, yakni pukul 19.00-22.00 WIB di hari Selasa-Jumat dan 19.00-00.00 WIB pada Sabtu, Minggu dan hari libur. Hari Senin, Monas ditutup untuk perawatan.

Yang diincar wisatawan, apalagi kalau bukan naik ke puncak Monas dan melihat panorama Jakarta. Ditambah saat malam hari, pasti akan terlihat cantik dengan gemerlap cahaya lampu. Sebelum itu, ternyata pihak pengelola kawasan Monas akan membatasi penjualan tiket untuk naik ke Puncak Monas tersebut.

"Jadi di pagi hari sampai sore tiket yang dijual sebanyak 1.800 dan saat malam sebanyak 700," ujar Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas, Rini Hariani kepada detikTravel, Selasa (5/4/2016).

Rini menjelaskan, tiketnya akan dijual dalam beberapa sesi yakni pagi, siang dan malam. Untuk pagi sampai sore hari, bisa didapatkan mulai dari pukul 08.00 WIB. Sedangkan untuk malam hari, tiket naik ke puncak Monas bisa didapatkan dari pukul 18.00 sampai 21.00 WIB. Pukul 16.00 sampai 18.00 WIB, puncak Monas ditutup dulu dan liftnya 'istirahat'.

"Ingat ya, beli pagi hari naiknya hanya bisa pagi hari. Begitu pula kalau naik siang dan sore hari. Begitu beli langsung naik, tidak boleh beli tiket pagi buat naiknya malam hari. Di tiketnya sudah ada tandanya," ungkap Rini.

Mengapa begitu? Sebab pihak pengelola kawasan Monas sudah memperhitungkan jumlah pengunjung dan kapasitas puncak Monas. Tiket yang dijual tidak akan dikurang dan dilebihkan. Hal tersebut juga untuk menjaga lift di dalamnya agar tetap terawat dengan baik.

"Misalnya loket baru dibuka satu jam, terus 700 tiketnya untuk malam sudah habis. Maka loket kita tutup," ujar Rini.

Harga tiketnya ke puncak Monas (sudah termasuk masuk ke dalam Museum Sejarah Nasional yang punya diorama sejarah kemerdekaan Indonesia), sebesar Rp 4 ribu untuk anak-anak, Rp 8 ribu untuk mahasiswa dan Rp 15 ribu untuk orang dewasa atau umum. Murah bukan?

"Naik ke puncak Monas di malam hari adalah cara baru menikmati suasana malam di Jakarta dari ketinggian," tutup Rini.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA