Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Agu 2016 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Meriah! Sanur Village Festival Kembali Digelar di Bali

Kurnia Yustiana
detikTravel
Yoga di SVF tahun lalu (Gede/detikTravel)
Yoga di SVF tahun lalu (Gede/detikTravel)
Sanur - Untuk kesebelas kalinya, Sanur Village Festival (SVF) diadakan di Bali. Suasana Pantai Sanur hingga akhir pekan ini pun semakin meriah.

SVF 2016 berlangsung pada 24-28 Agustus di Maisonette Area Inna Grand Bali Beach, kawasan Pantai Sanur, Bali. Dalam rilis Kemenpar kepada detikTravel, Kamis (25/8/2016), SVF merupakan acara komunitas yang didirikan Yayasan Pembangunan Sanur (YPS).

Kegiatan yang dihadirkan antara lain festival makanan, pameran ekonomi kreatif, berbagai kompetisi, seni dan atraksi budaya, musik, serta berbagai jenis kegiatan ramah lingkungan. Ada pula kegiatan wisata olahraga yang seru dan melibatkan wisatawan.

"Tentunya Sanur Village Festival 2016 akan menjadi alternatif hiburan Anda selama liburan di Bali, didukung oleh suasana budaya Sanur yang setua peradaban Bali," ujar Kepala Dinas Pariwisata Bali, AA Agung Yuniartha.

Tahun ini SVF memasuki gelaran yang ke-11. Tema yang dipilih adalah Tat Twam Asi, yang bermula dari pemakaian filosofi kandungan ajaran Hindu tentang 'aku adalah engkau, engkau adalah aku'.

"Melalui tema ini akan menguatkan relasi pandang untuk menciptakan kekuatan yang lebih besar dalam menyatukan segala potensi pariwisata, alam, masyarakat, kehidupan tradisi, seni dan budaya, dan ragam kreativitas warga," tutur Panitia Pelaksana Ida Bagus Sidartha Putra.

SVF XI telah dibuka oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Sebelum acara resmi dibuka, diawali dengan berbagai kegiatan dari tanggal 14-21 Agustus 2016. Di antaranya Bali International Triathlon, Surfing, Tennis Turnament, Beach Clean Up, dan Photo Exhibition.

Berdasarkan sepuluh tahun pengalaman yang telah dilalui, kali ini komunitas Sanur benar-benar total mempersembahkan yang terbaik dalam penyelenggaraan SVF. Dengan promosi sejak lama pun diharap makin banyak wisatawan yang datang.

"Sanur dan Ubud lebih tenang, wismannya juga sudah secara alamiah terseleksi sendiri. Keren! Saya yakin tahun ini festival ini akan sukses," kata Menteri Pariwisata kata Arief Yahya.

Selain itu, di saat yang bersamaan di Tulamben, Bali juga digelas Diver Gathering 10th Years Anniversary. Pertemuan khusus para penyelam ini diadakan tanggal 25-28 Agustus. Hal ini sebagai antisipasi atas perkembangan wisata bahari, terutama zona bawah laut yang semakin popular di dunia.

"Ini ada trend yang bagus untuk wisata bahari, baik coastal zone, underwater zone, maupun sea zone. Nah, ajang itu cukup baik untuk ajang komunikasi antar divers," ucap Arief.

Acara yang juga didukung oleh Kemenpar ini digagas oleh Komunitas Forum Selam, yang terus berkomitmen untuk memfasilitasi komunikasi antarpenyelam di Indonesia di acara tersebut. Rangkaian acaranya meliputi sajian musik, kelas menyelam, bazar dan masih banyak lagi.

Bagi peserta yang mau meningkatkan level selam bisa ikut kelas Advanced Open Water serta ikut kelas pengambilan sertifikasi dengan harga spesial. Bagi yang belum memiliki sertifikasi selam atau bahkan belum memiliki pengalaman selam, memiliki kesempatan mencoba Scuba atau Discover Scuba Diving secara gratis.

Kemenpar memang gencar mendukung berbagai kegiatan yang bisa membantu mendatangkan banyak turis ke Tanah Air. Tapi selain itu, suasana nyaman dan kreatif dalam kantor pun terus ditingkatkan. Belum lama ini Menpar Arief pun meresmikan Dashboard M-17 di lantai 16 Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Dashboard M-17 disebut juga sebagai 'War Room' yang akan digunakan untuk ruang pertemuan atau rapat.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED