Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Sep 2016 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

5 Destinasi di Dunia yang Bikin Panjang Umur

Ilustrasi pantai di Okinawa, Jepang (okinawastory.jp)
Okinawa - Umur panjang sejatinya merupakan karunia Tuhan. Tapi tahukah Anda, 5 destinasi di dunia ini bisa bikin traveler panjang umur.

Ada beberapa faktor yang membuat manusia berumur panjang, misalnya kebiasaan traveling yang rutin hingga pola makan yang sehat. Di zaman yang kian instan seperti sekarang pun, manusia masih bisa mencapai umur hingga ratusan tahun.

Tapi bukan sekadar isapan jempol. Dilansir detikTravel dari CNN Travel, Kamis (29/9/2016) setidaknya ada 5 tempat di dunia yang bisa bikin panjang umur

Hal itu pun diungkapkan oleh Presiden dari American College of Lifestyle Medicine, David Katz. Bahwa ada lima tempat di dunia yang menganut budaya hidup sehat yang berdampak pada umur yang lebih panjang.

"Ada lima budaya di dunia dengan proporsi orang yang berumur 100 tahun secara global, mereka menerapkan sebuah standar," ujar David Katz.

Daripada makin penasaran, berikut beberapa destinasi di dunia yang masyarakatnya menerapkan pola hidup sehat dan dipercaya berumur panjang. Traveler pun bisa belajar banyak.

1. Okinawa, Jepang

(CNN)(CNN)
Pulau Okinawa di Jepang sering dikaitkan dengan umur panjang hingga potret orang-orang tua yang murah senyum di daerah pegunungan. Diberkahi dengan laut biru dan ikan segar dari laut, menjadi alasan kenapa orang Okinawa sering tersenyum.

Namun yang menjadi alasan mengapa orang Okinawa berumur panjang terletak pada pola makan yang sehat. Hal itu pun diungkapkan oleh profesor jurusan kesehatan masyarakat Universitas North Carolina, Alice Ammerman.

'Diet Okinawa terdiri dari banyak sayuran, nasi dan ikan," ujar Alice Ammerman.

2. Nicoya Peninsula, Kosta Rika

(BBC Travel)(BBC Travel)
Berikutnya adalah Nicoya Peninsula yang terletak di Kosta Rika, Amerika Latin. Masyarakat di sini pun dipercaya memiliki umur yang lebih panjang ketimbang orang Amerika pada umumnya.

Rahasianya terletak pada porsi makanan yang pas, terdiri dari biji-bijian dan tumbuhan lokal serta daging dengan porsi kecil. Selain itu masyarakat Nicoya Peninsula juga menerapkan pola makan yang lebih awal.

"Bukan hanya tipe makanannya, tapi jumlahnya adalah yang paling penting, kalori yang lebih sedikit sangat penting," ujar profesor jurusan nutrisi Universitas Harvard, Lu Qi.

3. Sardinia, Italia

(Visit Sardinia/Facebook)(Visit Sardinia/Facebook)
Masyarakat Pulau Sardinia di Italia punya kebiasaan unik untuk memproduksi makanannya sendiri. Mulai dari produk susu hingga keju dan pertanian. Mereka pun biasa mengkonsumsi makanan seperlunya dengan porsi daging yang lebih sedikit.

"Diet Mediterania memasukkan banyak diet sehat. Kaya akan ikan, sayur, gandum dengan jumlah alkohol yang sedang," ujar Lu Qi.

Selain pola hidup dan makan yang sehat, Sardinia juga diberkahi dengan alam cantik dan hasil laut yang melimpah. Selain makanan, mungkin itu yang menjadi alasan kenapa masyarakat Sardinia berumur panjang.

4. Loma Linda, California, AS

(llu.edu)(llu.edu)
Lalu ada Loma Linda di California, AS. Walau berlokasi di negara yang tingkat obesitasnya tinggi, namun masyarakat Loma Linda yang mayoritas didominasi oleh umat Kristen Advent diketahui hidup lebih lama dari masyarakat AS pada umumnya.

Rahasianya terletak pada diet makanan yang mereka terapkan sesuai dengan ajaran agama. Merunut pada ajaran agama Kristen Advent, seseorang tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang terdiri dari daging dan produk susu.

"Mereka punya diet tradisional yang low-fat, diet vegan," ujar Kats.

5. Ikaria, Yunani

(Bill Wier/CNN)(Bill Wier/CNN)
Terakhir ada Ikaria di Yunani. Secara gaya hidup, masyarakat di Ikaria menerpkan pola hidup sehat ala mediterania. DI Ikaria, orang bisa hidup 8 tahun lebih lama dari orang Amerika dan lebih jarang terkena penyakit kanker.

Tapi tidak hanya itu, masyarakat di Ikaria juga lebih jarang terkena penyakit jantung dan dementia yang umumnya terjadi di umur senja. Luar biasa.

Melihat sejumlah fakta yang ada di atas, membuktikan kalau pola makan yang sehat menjadi penentu utama seseorang beumur panjang. Traveler yang ingin hidup sehat pun bisa belajar banyak dengan berkunjung langsung ke sejumlah destinasi di atas.

(krn/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA