Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Okt 2016 15:50 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Wonderful Indonesia Akan Kembali Hadir di Perbatasan Aruk

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Festival Wonderful Indonesia di Sambas (dok kemenpar)
Foto: Festival Wonderful Indonesia di Sambas (dok kemenpar)
Jakarta - Kemenpar kembali mengadakan Festival Wonderful Indonesia di perbatasan Aruk, Kalbar. Kunjungan turis perbatasan pun diharap bisa makin meningkat.

Festival Wonderful Indonesia akan kembali hadir pada tanggal 5-6 November di perbatasan Aruk, Kecamatan Sajingan, Kabupaten Sambas, Kalbar. Ini merupakan keempat kalinya Kemenpar menggaet wisman Malaysia Timur, Serawak dan Sabah, melalui festival cross border tourism di Aruk.

Dari informasi yang diunggah ke akun Facebook resmi Kemenpar, seperti dilihat detikTravel, Rabu (12/10/2016), festival akan berlangsung di lapangan Terminal Besar Sajiangan. HIburan musik dangdut dan melayu akan ditampilkan. Dua artis dangdut ibukota, Siti Badriah dan Selvi Isti Apriani akan menggoyang panggung bersama dengan artis lokal Kalbar.

"Genre musik dangdut dan melayu disukai wisman perbatasan. Karena itu kami akan menghibur dengan musik kesenangan mereka," kata Rizki Handayani, Asdep Pengembangan Pasar Asia Tenggara.

Selain musik, selama dua hari pengunjung akan menyaksikan atraksi budaya lokal seperti tarian tradisional kreasi Dayak, menyumpit, bazaar produk kreatif, pangkak gasing, dan pesta kembang api. Demo tato Dayak dan demo pembuatan kain tenun songket juga bisa disaksikan.

Masih ada kegiatan luar ruang yang tak kalah seru. Seperti trekking riam, trail fun bike, dan jungle flying fox.

"Para pengunjung bisa menikmati trekking Riam Meresap yang ditempuh 20 menit, untuk rute trail adventure berjarak sekitar 33,76 km dengan melewati hutan," ucap Eddy Susilo, Kepala Bidang Festival Pasar Asia Tenggara.

Festival ini diperkirakan bisa lebih heboh. Seperti yang sudah-sudah, lebih dari 5.000 wisman Malaysia masuk Sajingan Sambas setiap even digelar. Mereka tak bosan bosannya ikut bergoyang. Larut bersama atraksi-atraksi seni budaya Indonesia yang disuguhkan.

"Saya optimis event ini akan menarik minat wisman karena banyak agenda wisata yang menarik. Apalagi pos lintas batas di Aruk sudah bagus sehingga makin memudahkan warga Malaysia dan Brunai berkunjung melalui jalur darat," katanya.

Dari 12 juta target wisman 2016, Malaysia dipatok 2 juta kunjungan. Event cross border ini dianggap sangat efektif untuk menggenjot capaian. Bermula dari festival itulah para wisman diharapkan menjelajasi destinasi lain di Tanah Air. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED