Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Okt 2016 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Butuh Uang Berapa Liburan ke Labuan Bajo & Pulau Komodo?

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Komodo di Pulau Komodo, NTT (Afif//detikTravel)
Foto: Komodo di Pulau Komodo, NTT (Afif//detikTravel)
Labuan Bajo - Labuan Bajo di NTT adalah destinasi lengkap. Bawah laut sampai atas buktinya cantik, lalu ada komodo si Naga Purba. Butuh uang berapa untuk ke sana?

detikTravel pada pekan lalu dari tanggal 26-29 Oktober 2016 datang ke Labuan Bajo dalam acara 'Let's Explore Labuan Bajo with Garuda Indonesia'. Selama 4 hari perjalanan, hampir semua destinasi didatangi dari Pulau Padar, Rinca sampai Pulau Komodo.

Ardiansyah atau yang biasa disapa Ian, menjadi pemandu awak media. Dirinya adalah orang asli Pulau Komodo, yang sudah barang tentu tahu mengenal pariwisata di Labuan Bajo dan sekitarnya. Lalu pertanyaan muncul, butuh uang berapa untuk liburan ke Labuan Bajo, salah satu destinasi prioritas pemerintah ini?

"Sebenarnya tergantung dari itinerary yang dipunya. Rata-rata orang liburan ke Labuan Bajo paling cepat 2 hari 1 malam, tapi paling banyak 3 hari 2 malam. Untuk bule berbeda, mereka bisa sampai 1 minggu apalagi yang khusus datangnya untuk diving," paparnya kepada detikTravel di Labuan Bajo.

Maskapai Garuda yang terbang langsung Jakarta-Labuan Bajo (Afif/detikTravel)Maskapai Garuda yang terbang langsung Jakarta-Labuan Bajo (Afif/detikTravel)


Pertama soal biaya transportasi. Perjalanan dari Jakarta ke Labuan Bajo kini bisa dengan penerbangan langsung maskapai Garuda Indonesia. Harga tiketnya, mulai dari Rp 1,4 juta sekali jalan. Waktu tempuh cuma 2 jam, jadi bisa lebih irit waktu.

"Di Labuan Bajo sudah banyak hotel. Mulai dari melati sampai hotel berbintang, paling murah itu Rp 200 ribu per malam," kata Ian yang juga bekerja di bagian Ticketing & Reservasi Garuda Indonesia Labuan Bajo.

Hotel-hotel di Labuan Bajo (Afif/detikTravel)Hotel-hotel di Labuan Bajo (Afif/detikTravel)


Kemudian kembali ke biaya transportasi, selain pesawat transportasi lain yang penting di sana adalah boat. Boat dipakai untuk menjelajahi tiap pulau di Labuan Bajo. Yang sudah wajib didatangi adalah Pulau Padar, Rinca dan Komodo yang masuk dalam bagian Taman Nasional Komodo dengan posisi yang sejajar.

"Boat juga beragam harganya dan destinasi yang dituju. Misal paling murah itu boat kayu seharga Rp 1,5 juta seharian untuk mengunjungi Pulau Padar, Komodo dan Pink Beach. Satu kapal kapasitasnya 5-15 orang," terangnya.

Ada lagi boat yang lebih nyaman dan dapat mencapai tiap pulau lebih cepat. Boatnya pun menyediakan makan siang dan snack serta minuman, tapi harganya mulai dari Rp 8 juta yang biasa disebut masyarakat setempat adalah kapal speed.

Berbagai boat yang sedang singgah di Pulau Padar (Afif/detikTravel)Berbagai boat yang sedang singgah di Pulau Padar (Afif/detikTravel)


Boat untuk liveaboard (Afif/detikTravel)Boat untuk liveaboard (Afif/detikTravel)


Yang lebih mahal adalah, boat untuk liveaboard. Boat ini dilengkapi kamar tidur, yang mana kamu dapat bermalam dengan nyaman di atas laut dan menjadi pengalaman seru. Biayanya mulai dari Rp 10 juta.

Biaya makan di Labuan Bajo pun standar. Artinya tidak beda jauh dengan harga makanan di kota-kota besar lainnya, serta tidak mahal-mahal amat seperti di destinasi timur Indonesia lainnya.

Cuma di Pulau Komodo, melihat komodo sedekat ini (Afif/detikTravel)Cuma di Pulau Komodo, melihat komodo sedekat ini (Afif/detikTravel)


"Ada juga biaya tiket masuk ke tempat wisata, seperti di Pulau Komodo itu tiketnya Rp 40 ribu untuk wisatawan lokal," tambahnya.

Biaya-biaya yang disebutkan tadi, dihitung dengan harga paling murah. Namun ketika di sana, untuk harga boat masih bisa tawar menawar. Semua tergantung pilihan kamu sendiri, mau liburan ala backpacker atau koper di Labuan Bajo.

Tapi yakinlah, tak akan menyesal bagi kamu yang menapakan kaki di Labuan Bajo! (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Ketika 'Aquaman' Liburan

Rabu, 22 Nov 2017 22:55 WIB

Nama Jason Momoa naik daun setelah menjadi karakter Aquman di film Justice League. Di balik tampang sangarnya, aktor kelahiran Hawaii ini juga suka liburan.