Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Des 2016 13:29 WIB

TRAVEL NEWS

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Liburan ke Bengkulu

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti (detikFoto)
Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti (detikFoto)

FOKUS BERITA

Pesona Bengkulu
Bengkulu - Pariwisata Bengkulu sedang menggeliat. Ibaratnya dia adalah putri cantik yang baru bangun dari tidurnya. Ada banyak alasan kenapa kamu perlu liburan ke sini.

detikTravel berbincang panjang lebar dengan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti. Dia mengakui Bengkulu agak tertinggal dalam hal pariwisata dengan provinsi tetangga.

Padahal, potensi wisata Bengkulu cukup menjanjikan. Pariwisata digadang-gadang menjadi unggulan Bengkulu selain pertanian dan produk maritim. Jadi, kenapa kita mesti liburan ke sana?

"Alasan pariwisata sebagai unggulan di Bengkulu karena, pertama adalah dukungan alam yang indah baik di gunung maupun di pantai," kata Ridwan, Rabu (14/12/2016) malam.

Bengkulu punya jejeran pantai menawan dari Pantai Panjang sampai Pantai Linau yang bening. Di gunung ada bunga Rafflesia arnoldii, danau dan air terjun. Semua menunggu para petualang sejati.

"Yang kedua adalah dukungan sejarah masuknya Belanda, Inggris dan Portugis dengan situs yang masih ada sekarang. Di samping juga sejarah pengasingan Bung Karno," imbuhnya.

Benteng Marlborough asyik untuk dikunjungi. Rumah pengasingan Soekarno dan Rumah Fatmawati adalah objek sejarah yang juga sangat penting untuk Indonesia. Belum lagi Masjid Jami, hasil rancangan Soekarno sebagai seorang arsitek. Selain itu, ada lagi alasan ketiga kenapa mesti liburan ke Bengkulu.

"Yang ketiga ada beragam budaya dengan adat dan tarian serta kuliner," kata Ridwan.

Bengkulu punya batik Kain Besurek bermotif Rafflesia, ada Festival Tabot hasil akulturasi budaya yang unik dan ikan bakar serta lontong tunjang yang menggoyang lidah. Wisatawan mesti coba itu semua.

Alasan keempat adalah tekad pemerintah membangun pariwisata di sana. Menurut Ridwan, Bengkulu menargetkan puncak pembangunan pariwisata mereka pada 2020. Akan ada Visit Bengkulu 2020 berisi 52 event festival di 10 kabupaten kota sepanjang tahun menyambut usia 52 tahun provinsi yang agak mungil itu.

"Sekarang ini lagi diperjuangkan supaya masuk calendar of event di Kementerian Pariwisata," jelas Ridwan.

Waktu menuju 2020 akan digunakan untuk memperbaiki infrastruktur akses menuju destinasi wisata mulai dari jalan aspal sampai listrik. Kuliner, hotel dan homestay perlu ditata lagi.

"Produk kerajinan dan oleh-oleh perlu dikemas lebih baik dan transportasi wisata, pusat informsi dan pengamanan wisatawan harus terjamin," paparnya.

Alasan kelima, Ridwan memberi sedikit bocoran bakal ada apa Bengkulu ke depannya. Akan ada event wisata bahari Sail Enggano, produk batik Kain Besurek, kegiatan jelajah bunga Rafflesia, Festival Tabot yang digelar tahunan, wisata kebun teh dan konservasi gajah di Seblat, kontes ayam brugo, wisata kawah Bukit Kaba, kopi Bengkulu, wisata Danau Dendam Tak Sudah, Benteng Marlborough dan China Town, ada lagi fashion festival dll.

"Semua dipersiapkan di 2017 secara bertahap 2018, 2019 hingga 2020. Di 2016 susun program, siapkan duta wisata, bikin Gerakan Bengkulu Menyapa Wisata dengan Tersenyum, toilet besih, dan sebagainya," tutupnya.

Bagaimana traveler, jadi penasaran liburan ke Bengkulu? (fay/fay)

FOKUS BERITA

Pesona Bengkulu
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED