Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Feb 2017 13:35 WIB

TRAVEL NEWS

Festival di Lampung Timur, Bukti Gotong Royong Warga

Afif Farhan
detikTravel
Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim (Muhammad Ridho/detikTravel)
Jakarta - Festival tentu bertujuan untuk bergembira sekaligus memperingati suatu peristiwa besar. Khusus di Lampung Timur, hal itu juga berarti bentuk gotong royong warga.

"Festival di Lampung Timur adalah bentuk gotong royong warga, melibatkan semua warga. Festival di Lampung Timur itu sebenarnya adalah kegiatan warga yang sudah ada dan kami (pemda-red) kemas lebih menarik untuk wisata," tutur Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim dalam kunjungannya ke kantor detikcom di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Jumat (10/2) kemarin.

Chusnunia menjelaskan, dana APBD untuk festival sebenarnya cukup kecil. Beruntungnya, warga Lampung Timur turut turun tangan dan bersama-sama menyukseskan tiap kegiatan festival.

"Dalam waktu dekat tanggal 2 Maret nanti ada Festival Panen Padi, itu warga pada bantu. Mereka senang juga ada kegiatan dan malah petani cabai juga minta, bu Bupati adain Festival Panen Cabai dong. Saya bilang, wah belum ada anggarannya dan mereka malah jawab, tidak apa-apa nanti kita semua yang bantu," ceritanya.

"Festival yang sudah ada, seperti Festival Panen Padi itu memang sudah ada perayaan panen padi. Di situ kita masukan juga ekonomi kreatif, orang-orang jual makanan dan suvenir. Jadi lebih hidup," tambah Chusnunia.

Lampung Timur sepanjang tahun 2017 ini punya sekitar 20-an festival. Tidak menutup kemungkinan, mungkin di tahun-tahun mendatang angkanya akan bertambah. Bagi wisatawan sendiri, mendatangi dan melihat tiap festival di Lampung Timur akan jadi pengalaman yang menarik.

"Dengan diselenggarakan festival, maka memupuk kebersamaan di desa-desa," tutupnya. (aff/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA