Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Mar 2017 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pemerintah Kembangkan Magelang untuk Dukung Pariwisata Borobudur

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Candi Borobudur (Faya/detikTravel)
Candi Borobudur (Faya/detikTravel)
Jakarta - Sebagai objek wisata unggulan di Jawa Tengah, nama Borobudur memang sudah terkenal. Namun, perlu dibarengi pembangunan kawasan di sekitarnya, yakni Kabupaten Magelang.

Hal itu pun diungkapkan oleh Hari Untoro Dradjat dari Staf Ahli Menteri Bidang Multikultura, Tim Percepatan Kawasan Borobudur Kemenpar usai Seminar Menggembangkan Pariwisata Berbasis Budaya & Spiritual di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta, Senin (20/3/2016). Berkaca dari komplek Angkor Wat di Kamboja yang lebih dulu populer, Magelang perlu dibangun layaknya Siem Reap yang mendukung Angkor Wat.

"Seperti di Angkor Wat, 15 Km dari situ ada kota Siam Reap, kita harus mengembangkan zona 1 2 3 daerah Magelang Muntilan, itu daerah yang dikembangkan untuk area baru, daerah pecinan di sana itu tadinya mau dikembangkan untuk Borobudur Street Market," ujar Hari.
Hari Untoro Dradjat dari Staf Ahli Menteri Bidang Multikultura, Tim Percepatan Kawasan Borobudur Kemenpar (Randy/detikTravel)Hari Untoro Dradjat dari Staf Ahli Menteri Bidang Multikultura, Tim Percepatan Kawasan Borobudur Kemenpar (Randy/detikTravel)

Dengan mengembangkan Magelang dan area sekitar Borobudur, sekiranya bisa mendukung laju pariwisata di landmark Buddha nomor 1 di Indonesia tersebut. Selain itu, kawasan sekitaran Borobudur juga sekaligus bisa unjuk gigi dan ikut kecipratan kunjungan wisman.

"Maka Borobudur sebagai pusat mahakaryanya keseluruhan, dan ada satu kerumunan di Magelang, jadi kerumunan itu bisa pusat pertokoan, pusat budaya dan juga yang perlu dikembangkan narasi, tradisi nilai-nilai lokal bisa dimuatkan," tambah Hari.

Apabila pembangunan di kawasan Magelang dilakukan, otomatis wisatawan dapat pula menikmati kearifan lokal yang ada di sekitar area candi. Borobudur pun tidak akan kepenuhan wisman yang mengakibatkan ketidaknyamanan.

"Jadi ada sesuatu yang harus dikembangkan di luar Borobudur atau kepadatan hanya di Borobudur, ke depan pemerintah sudah menyiapkan SK dari 10 destinasi tapi yang ada baru Danau Toba, kita harapkan dalam waktu dekat ada Borobudur atau Mandalika," tutup Hari. (rdy/msl)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Toilet Mewah ala Lawang Sewu

Minggu, 22 Okt 2017 09:52 WIB

Kalau liburan ke Semarang, kurang greget bila tidak mampir ke bangunan kuno bernama Lawang Sewu. Yang perlu traveler tahu, ternyata toilet Lawang Sewu mewah.