Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Mar 2017 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Harus Baca! Rahasia Bali Jadi Destinasi Terbaik Dunia

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Bali yang digemari turis mancanegara (Thinkstock)
Foto: Bali yang digemari turis mancanegara (Thinkstock)
Jakarta - Bali sering menyabet gelar sebagai destinasi terbaik dunia. Bali memang punya alam indah dan budaya yang sangat beragam, namun itu saja tidaklah cukup.

Baru-baru ini, Bali terpilih menjadi Destinasi Terbaik Dunia atas survei yang dilakukan situs review online traveling, TripAdvisor. Bali mengalahkan 24 destinasi tersohor lainnya dari berbagai negara, seperti sebut saja London dan Paris.

Bali dinilai punya bentang alam yang spektakuler dari bawah laut sampai atas gunung. Apalagi budayanya dari tarian, lukis hingga musik yang banyak jenis. Ditambah faslilitas pariwisata yang lengkap serta pelayanan yang memuaskan, maka jangan heran kalau banyak turis yang datang (dan datang lagi) ke Bali.

detikTravel mewawancarai Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Anak Agung Gede Yuniartha. Ada satu pertanyaan yang simpel saja, apa rahasianya Bali selalu dikalungi destinasi terbaik dunia?

"Bali bisa seperti sekarang ini bukan baru kemarin belajar pariwisata, tapi sudah dari ratusan tahun silam. Pariwisata Bali adalah pariwisata berbasis budaya yang didasarkan pada kepercayaan kami. Masyarakat Bali sangat menjaga lingkungannya, sangat menjaga keamanannya dan sangat menjaga budayanya," papar Agung Gede, Jumat (24/3/2017).

"Hasil survey dari Universitas Udayana menyatakan, 65 persen wisatawan mancanegara suka ke Bali karena budayanya," tambahnya.

Harus Baca! Rahasia Bali Jadi Destinasi Terbaik DuniaFoto: Pantai-pantai di Bali yang bersih dan nyaman dikunjungi karena dijaga masyarakat setempat (Ardan/detikTravel)


Perlu digarisbawahi soal 'tiga kata menjaga'. Agung Gede menjelaskan, ajaran Hindu yang dianut masyarakat Bali dalam Trihita Karana menjadi pondasi penting. Dari situlah masyarakat Bali sangat menjaga antar hubungan sesama manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam.

"Ke semua hal itu dilakukan dengan ritual-ritual yang biasa dilakukan masyarakat Bali seperti upacara terhadap Bumi, upacara di laut dan sebagainya," kata Agung Gede.

Maka jangan heran, kalau seluruh tempat wisata di Bali begitu terjaga dengan baik. Apalagi, masyarakat Bali sangat ramah dan tulus membantu turis. Walau ada beberapa oknum-oknum yang membandel dan bikin turis resah, tapi toh memang tidak ada yang sempurna bukan?

Alangkah baiknya wilayah lain di Indonesia mencontoh Bali. Contohlah bagaimana cara Bali menjaga destinasi wisatanya dan memperlakukan tamu selayaknya raja. Satu lagi, belajarlah pengelolaan pariwisata dari Bali yang kalau kata Agung Gede seperti ini:

"Masyarakat Bali itu percaya apa yang ditebar itulah nantinya hasil yang akan dicapai," ujarnya saat menjawab pertanyaan, dari mana orang Bali belajar mengelola pariwisata? Sebab ambil contoh, tempat lain di Indonesia bagus tapi mengapa tidak dapat mengelola daerahnya sebaik Bali. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED