Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Apr 2017 08:25 WIB

TRAVEL NEWS

Bebas Visa ke Indonesia untuk 49 Negara Akan Dievaluasi Ulang

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: (Randy/detikTravel)
Foto: (Randy/detikTravel)
Bangkok - Saat ini pemerintah memberlakukan kebijakan bebas visa kunjungan bagi 169 negara. Namun, evaluasi ulang tengah dilalukan untuk 49 negara.

Pada bulan Maret tahun 2016 lalu, pembebasan visa terhadap 169 negara tertuang pada Perpres nomor 21 tahun 2016 tentang Bebas Visa Kunjungan (BVK). Perpres ini ditandatangani Presiden Jokowi pada 2 Maret 2016 dan diundangkan pada 10 Maret 2016 oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Namun setelah setahun, pemerintah pun mulai mengevaluasi kembali terkait kebijakan tersebut. Hal itu pun diungkapkan oleh Menpar Arief Yahya usai perhelatan World Travel & Tourism Council di Centara Grand and Bangkok Convention Centre, Kamis (26/4/2017) petang.

"Terkait bebas visa, yang paling tinggi angka pertumbuhannya itu wisman dari Mesir, 53 persen, average tumbuhnya 20 persen," ujar Arief.

Hanya saja, tidak semua negara yang diberi bebas visa kunjungan mendatangkan angka wisatawan. Dijelaskan oleh Arief, dari 169 ada 49 negara yang akan dievaluasi ulang terkait kebijakan bebas visa.

"Namun ada 49 negara yang tingkat pertumbuhannya kurang, dari teknis 49 diubah dari Visa Free jadi Visa on Arrival, kurang dari setahun kita revisi," ujar Arief.

Hanya saja Arief tidak menyebutkan dengan detil, 49 negara mana saja yang akan dievaluasi ulang terkait kebijakan bebas visa kunjungan. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED