Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Mei 2017 17:35 WIB

TRAVEL NEWS

Salat Jumat Perdana di Banda Aceh dengan Payung Ala Masjid Nabawi

Agus Setyadi
Redaksi Travel
Foto: Salat Jumat di Masjid Baiturrahman Banda Aceh (Agus Setyadi/detikTravel)
Foto: Salat Jumat di Masjid Baiturrahman Banda Aceh (Agus Setyadi/detikTravel)
Banda Aceh - Masjid Baiturrahman Aceh dilengkapi payung eletrik raksasa, mirip seperti di Masjid Nabawi. Hari ini pertama kalinya area payung itu digunakan untuk salat Jumat.

Sebagian jamaah Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh hari ini melaksanakan salat Jumat di bawah payung baru ala Masjid Nabawi. Ini pertama kali lokasi tersebut digunakan untuk salat meski belum diresmikan.

Pantauan detikTravel, Jumat (5/5/2017), para jamaah duduk bersila mendengar khotbah di bawah payung yang mengembang. Dua payung di sebelah selatan masjid dibiarkan terbuka. Usai mengambil wudu, satu persatu jamaah mengisi saf.

Mereka menggelar sajadah atau pun koran sebagai alas kepala. Lantai di bawah payung memang sudah terpasang marmer semua. Karena tidak semua payung terbuka, para jamaah mencari tempat-tempat teduh terlebih dulu.

Salat Jumat Perdana di Banda Aceh dengan Payung Ala Masjid NabawiFoto: (Agus Setyadi/detikTravel)
Sementara di dalam masjid, juga dipenuhi jamaah. Pekan ini, wisatawan yang datang ke Aceh lebih ramai dibandingkan hari-hari biasa. Hal ini karena ada Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) XV yang digelar hingga 11 Mei mendatang.

Jumlah tamu yang hadir dari seluruh Indonesia diperkirakan mencapai 35.000 orang. Saat waktu salat Jumat tiba, mereka rata-rata memilih mendatangi Masjid Baiturrahman. Selain bentuk masjid yang indah, adanya payung juga menjadi daya tarik tersendiri.

Usai melaksanakan salat, para jamaah ini tak lupa mengabadikan momen dengan latar payung. Mereka ada yang berswafoto atau pun meminta rombongan menjepretnya.

Salat Jumat Perdana di Banda Aceh dengan Payung Ala Masjid NabawiFoto: (Agus Setyadi/detikTravel)
Meski pembangunan masjid belum sepenuhnya siap, Gubernur Aceh Zaini Abdullah sudah menggelar peluncuran awal (soft launching) pada 13 Februari lalu. Lanskap baru tersebut menyerupai payung yang dipasang di Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Selain dibangun payung, lantai halaman masjid juga sudah bersolek. Jika sebelumnya rumput hijau, kini diganti dengan marmer. Selain itu juga dibangun basement yang digunakan untuk parkir kendaraan roda dua atau pun empat.

"Jika pengembangan tahap pertama ini selesai seluruhnya, maka masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai rumah ibadah bagi kaum muslimin, tapi juga menjadi pusat pengembangan peradaban Islam terbesar di Asia Tenggara," kata Zaini dalam sambutannya saat soft launching di halaman Masjid Raya Baiturrahman lalu. (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Kota London dan Thames River

Jumat, 17 Nov 2017 23:35 WIB

Nama sungai ini memang selalu identik dengan London, Thames River. Selain cantik, di atas sungai ini para turis juga bisa berlayar melihat landmarknya London.