Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Mei 2017 14:15 WIB

TRAVEL NEWS

Penat? Coba Seru-seruan di Festival Jepang Ennichisai Pekan Ini

Heldania Ultri
detikTravel
Festival Ennichisai (Heldania/detikTravel)
Festival Ennichisai (Heldania/detikTravel)
Jakarta - Traveler pecinta Jepang-jepangan atau yang mau seru-seruan harus tau soal ini. Pekan ini ada Festival Ennichisai yang bakalan bikin akhir minggu bebas bosan!

"Ennichisai mengambil tema Challenge, dengan logo daruma. Karena berkaitan dengan pepatah 'nanakorobi yaoki' yang artinya tujuh kali jatuh, delapan kali bangun," ujar Ketua Panitia Ennichisai Daisei Takeya saat ditemui dalam acara yang berlangsung di Mal Blok M, Jalan Sultan Hasanudin, Jakarta Selatan, Sabtu (13/5/2017).

Daisei mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Ennichisai tahun ini diharapkan menjadi simbol pantang menyerah. Pemilihan tema pun disesuaikan dengan event yang mulai dilaksanakan pada tahun 2009 ini.

"Simbol pantang menyerah dalam menggapai harapan dan impian. Temanya kita sesuaikan, kan tujuh kali jatuh, delapan kali bangun, ini sudah penyelenggaraan ke-8, jadi kita sesuaikan temanya dan terus akan kita lanjutkan kegiatan ini," katanya.

Para cosplayerPara cosplayer Foto: Heldania/detikTravel
Deisei mengatakan bahwa Festival ini juga merupakan wujud rasa terimakasih masyarakat Jepang yang ada di Jakarta kepada Indonesia. Acara ini juga sekaligus dimanfaatkan untuk menyuguhkan budaya Jepang secara utuh kepada masyarakat Jakarta.

"Festival Jepang yang dilaksanakan komunitas Jepang ini untuk menunjukkan rasa terimakasih, karena berkat Indonesia kita bisa kerja di Indonesia. Selain itu juga kita ingin membawakan festival Jepang secara utuh. Di sini ada pertunjukan budaya Jepang, baik yang tradisional dan modern. Jadi kita buat festival ini seolah-olah suasananya seperti di Jepang, kita siapkan kuliner-kuliner khas Jepang serta pertunjukkan seni musik, tarian dari Jepang," jelasnya.

Selain itu, event ini juga telah mendapat pengakuan dari Walikota Jakarta Selatan di tahun 2011 untuk masuk ke dalam rangkaian jadwal acara tahunan kota Jakarta. Event ini menawarkan Japan's Shopping Distric festival.

"Tahun ini, Ennichisai akan diselenggarakan pada 13-14 Mei 2017. Dihadiri lebih dari 200 ribu pengunjung setiap tahunnya dan diramaikan oleh 150 stand makanan-minuman dan booth pernak pernik Jepang. Jadi silakan datang berkunjung," ucap Deisei.

Festival yang berlangsung selama dua hari ini memang menawarkan kuliner khas Jepang yang pastinya sayang jika dilewatkan. Pengunjung yang berdatangan pun tidak sedikit jumlah.

Stand kuliner JepangStand kuliner Jepang Foto: Heldania/detikTravel
Event yang mulai pukul 11.00 WIB ini sudah terlihat ramai pengunjung. Dari yang muda hingga tua, dari yang hanya berdua dan membawa keluarga, semuanya terlihat antusias menikmati serangkaian acara yang ditawarkan di Festival ini.

Penyelenggaran festival tak pernah beruabah selama 8 tahun. Hal ini dikarenakan jalanan di kawasan Melawai ini memang terkenal dengan kuliner khas Jepang yang ditawarkan.

Berbagai street food ala Jepang mulai dari roti hingga nasi bisa ditemui di sini. Tentunya pengunjung tidak perlu khawatir tentang menu pilihan, karena banyak sekali jenis makanan yang dijajakan.

Bagi pecinta seni Jepang juga tidak rugi jika menyempatkan waktu berkunjung di festival ini. Karena acara yang akan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB ini menyuguhkan 2 panggung seni baik Pop Culture ataupun Traditional Culture.

Festival ini juga akan semakin meriah dengan kehadiran Guest Performance dari Jepang. Penampilan berbagai IDOL seperti JKT48, Shojo Complex, Enka Girls, Tokyo Samurai Girls & Addiction juga bisa disaksikan di sini.

Stand kuliner yang ramai dikunjungi pengunjungStand kuliner yang ramai dikunjungi pengunjung Foto: Heldania/detikTravel
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA