Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Mei 2017 10:35 WIB

TRAVEL NEWS

Jurus Kemenpar Promosi Pariwisata Lewat Kuliner

Kurnia Yustiana
detikTravel
Ilustrasi kuliner Indonesia, nasi uduk (dok. iStock)
Kuala Lumpur - Indonesia punya aneka kuliner khas yang lezat. Ragam kuliner ini pun digunakan sebagai sarana promosi pariwisata oleh Kemenpar.

Promosi pariwisata Indonesia tak hanya lewat keindahan alamnya saja, tapi juga lewat kuliner. Kementerian Pariwisata punya strategi yang telah dijalankan untuk memperkenalkan kuliner lokal, sembari mempromosikan pariwisata ke ranah mancanegara.

"Kuliner kita lakukan dengan 3 cara, yang pertama melakukan event-event kuliner di dalam negeri misalnya Ubud Food Festival," ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana kepada detikTravel di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu sore (20/5/2017).

Selain di dalam negeri, event kuliner juga diadakan di luar negeri. Tak hanya kawasan Asia saja tapi juga Eropa.

"Yang kedua kita ikut event di luar negeri, misalnya ikut di Brussel dan sebagainya. Yang ketiga kita membuka culinary affair atau restoran atau corner atau apapun yang mengutamakan kuliner," tuturnya.

Kemenpar mendukung dibukanya restoran bercitarasa Indonesia di luar negeri. Kerja sama pun dilakukan dengan berbagai pihak untuk menjadikan restoran di luar negeri sebagai jendela untuk mengenal Indonesia.

"Kita nggak buka (restoran) tapi kita mendukung pembukaan itu, bekerjasama dengan berbagai bentuknya. Di antaranya di Anhui, di Beijing, di Melbourne. Sekarang ada juga seperti ini di Bumbu Desa di KL dan kita jajaki kerja samanya," jelas Pitana.

Bumbu Desa menjadi salah satu restoran di Malaysia dengan berbagai menu khas Indonesia. Di sana kini juga tengah hadir pop up kitchen Eskimomo, dengan menu-menu unik dan bikin penasaran seperti es krim nasi uduk dan ketoprak. (krn/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA