Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Jun 2017 15:55 WIB

TRAVEL NEWS

Punya Brand Joglosemar, Yogyakarta Jualan Wisata Budaya

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Foto: (Syanti/detikTravel)
Foto: (Syanti/detikTravel)
Jakarta - Terkenal dengan kekayaan alam dan lautnya, Indonesia juga kaya akan budaya. Salah satu kota wisata budaya di Indonesia adalah Yogyakarta.

Kementerian Pariwisata, Rabu (14/6/2017), meluncurkan 10 brand pariwisata Indonesia. Launching ini dilaksanakan di Aula Gedung Sapta Pesona Jakarta.

Launching yang dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran dan Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar, I Gede Pitana dihadiri oleh perwakilan pejabat daerah dari 10 brand.

"Indonesia tidak hanya kaya akan wisata laut yang terkenal seperti Wakatobi, Bunaken dan Raja Ampat. Tetapi negara kita juga kaya sangat kaya destinasi budaya. Salah satunya adalah Yogyakarta," ujar Pitana.

Pemerintah DI Yogyakarta yang pada kali ini diwakili oleh wakil gubernur mengungkapkan mereka memang tidak mempunyai laut untuk diselami, namun mereka memiliki kekayaan budaya.

"Kami tidak mendorong daerah kami untuk daerah wisata, tetapi kami mendorong menjadi daerah budaya dengan fasilitas pariwisata lengkap," ungkap Wakil Gubernur DI Yogyakarta, Sri Paku Alam X.

Pemerintah DI Yogyakarta juga merangkul daerah Solo dan Semarang dalam pengembangan pariwisata budaya ini. Hal ini dilakukan karena adanya saling hubung pariwisata di 3 wilayah ini.

"Kami memiliki wisata pegunungan, yang di mana akses di sini kami bekerja sama dengan masyarakat sekitar. Dan juga kami membangun desa wisata di sekitar pegunungan," jelas Sri Paku Alam X.

"Kami juga menonjolkan wisata kota seperti keraton, Taman Sari, Kebun Binatang, dan Malioboro. Serta kami padukan dengan wisata kuliner di Yogya," tambahnya.

Selain wisata pegunungan dan kota, ada pula pantai di sana. Walau tak bisa diselami seperti Bunaken, tapi wisata pantai telah didesain sedemikian rupa agar wisatawan nyaman. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED