Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Jun 2017 17:50 WIB

TRAVEL NEWS

Mudik ke DI Yogyakarta, Bisa Nonton Festival of Lights Kaliurang

Sukma Indah Permana
Redaksi Travel
Foto: Festival lampion di Gardu Pandang Kaliurang (dok Festival of Lights)
Foto: Festival lampion di Gardu Pandang Kaliurang (dok Festival of Lights)
Yogyakarta - Ada yang spesial dalam libur Lebaran kali ini di Kaliurang, DI Yogyakarta. Bakalan digelar Festival of Lights meriah di sana.

Menjelang liburan akhir tahun ajaran dan Lebaran 2017, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki tawaran tujuan wisata malam di Kaliurang. Wisata malam kali ini berupa Festival lampion di Gardu Pandang Kaliurang.

"Menyambut libur kenaikan kelas dan libur lebaran 2017, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bersama PT Cikal Bintang Bangsa (pengelola Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali) kembali akan menggelar Festival of Lights di Gardu Pandang Kaliurang," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih, dalam keterangan tertulisnya kepada detikTravel, Rabu (14/6/2017).

Festival of Lights yang mengambil tema 'Gemerlap Ramadhan' akan berlangsung selama 30 hari, sejak 16 Juni 2017 sampai 16 Juli 2017 mendatang.

"Tema ini dipilih untuk menggambarkan kegembiraan dalam melaksanakan puasa Ramadhan dan menyambut libur lebaran," imbuhnya.

Berbagai bentuk lampion bertema Timur Tengah akan disajikan di gelaran ini. Tak hanya itu di Festival of Lights ini juga akan menyajikan kuliner berbagai jajanan, baik yang tradisional maupun modern.

"Serta akan ada Dancing Fountain yang hadir pertama kali di Yogyakarta. Atraksi Dancing Fountain ini meliputi atraksi air menari yang gerak pancarnya disesuaikan dengan lagu, dengan semburan api, laser serta water screen," kata Sudarningsih.

Mudik ke DI Yogyakarta, Bisa Nonton Festival of Lights KaliurangFoto: (dok Festival of Lights)
Direktur Eksekutif Festival of Light, Solikin Swiji menyampaikan bahwa pengunjung akan ditarik biaya tiket sebesar Rp 25 ribu pada hari biasa atau Rp 30 ribu pada hari libur nasional dan akhir pekan.

"Pengunjung dapat menikmati atraksi yang sama seperti di Singapura," ujar Solikin.

Data menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kaliurang selama bulan Juli, selama Festival of Lights berlangsung sejak tahun 2015 menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan.

Berturut-turut jumlah kunjungan wisatawan ke Kaliurang selama bulan Juli untuk periode 2014-2016 adalah 55.367 kunjungan, 85.730 kunjungan dan 96.368 kunjungan.

Sudarningsih berharap selain dapat meningkatkan kunjungan ke Kabupaten Sleman, gelaran Festival of Lights ini dapat menjadi destinasi tematik alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. (sip/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED