Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Jun 2017 21:25 WIB

TRAVEL NEWS

Cuaca Terlalu Panas, Pesawat Tidak Bisa Terbang

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi Pesawat Terbang (Thinkstock)
Phoenix - Cuaca yang terlalu panas ternyata berdampak pada dunia penerbangan. Beberapa pesawat di AS bahkan tidak bisa terbang gara-gara cuaca panas.

Ditelusuri detikTravel Rabu (21/6/2017), ada kurang lebih 50 penerbangan di Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor, Phoenix, Arizona, AS yang dibatalkan minggu ini akibat cuaca panas yang terjadi di sana. Tak tanggung-tanggung, suhunya hampir mencapai 50 deajat celcius.

Cuaca panas ini cukup berbahaya bagi pesawat terbang. Resiko kebakaran, sampai dehidrasi yang menyerang penumpang, cukup mengancam di balik cuaca panas ini.

Beberapa jenis pesawat memang diketahui punya rentang suhu tersendiri untuk bisa beroperasi. Pesawat Boeing dietahui masih bisa terbang meski suhu di luar mencapai 52,2 derajat celcius. Sedangkan pesawat Airbus bisa terbang dengan suhu maksimal 52,8 derajat celcius.

Baca Juga: Inilah Kota yang Tidak Pernah Hujan

Tetapi beberapa jenis pesawat yang lain, amat terdampak dengan cuaca panas yang terjadi di luar. Seperti contohnya maskapai lokal American Eagle yang menggunakan pesawat Bombardier CRJ sebagai armadanya.

Pesawat Bombardier tidak bisa terbang jika suhu udaranya mencapai di atas 47,8 derajat celcius. Pesawat ini hanya akan mengudara kalau suhu lingkungan berada di bawah angka tersebut.

Beberapa maskapai di AS pun sudah memberikan woro-woro kepada para penumpangnya. Mereka bahkan menawarkan pindah jadwal ke penerbangan selanjutnya secara gratis bila penerbangan traveler dibatalkan akibat cuaca panas.

Baca Juga: 'Tanah Alien', Tempat Terpanas & Berbahaya di Bumi

Temperatur di daerah Arizona, AS memang sedang panas-panasnya minggu ini. Badan Meteorologi setempat pun mencatat suhu rata-ratanya mencapai 47,8 derajat celcius.

Suhu tertinggi yang pernah tercatat di Arizona sekitar 50 derajat celcius. Suhu ini tercatat pada tanggal 26 Juni 1990. Sementara itu, suhu tahunannya berkisar antara 40,6 sampai 43,3 derajat celcius. Duh, panas banget ya! (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA